Hubungan Intensitas Bermain Game Online dengan Konsentrasi Belajar Anak Usia 10-12 Tahun di SD Negeri Selomulyo Ngaglik Sleman Yogyakarta

Uke Desi Pradana, - and Suwarno, - (2018) Hubungan Intensitas Bermain Game Online dengan Konsentrasi Belajar Anak Usia 10-12 Tahun di SD Negeri Selomulyo Ngaglik Sleman Yogyakarta. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogykarta.

[thumbnail of JUDUL.pdf] Text
JUDUL.pdf

Download (803kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://unjaya.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Selain perkembangan fisik, kognitif dan psikososial, anak juga harus berkonsentrasi dalam belajar. Pergaulan dapat memengaruhi siswa dalam menerima pelajaran, perilaku dan pergaulan mereka, dapat memengaruhi konsentrasi belajar yang dipengaruhi juga oleh beberapa faktor, seperti faktor teknologi contohnya televisi, internet, dan game online. Studi pendahuluan di SD Negeri Selomulyo Yogyakarta diapatkan siswa sering bermain game online setelah pulang sekolah, mereka menghabiskan waktu sekitar 1-3 jam.
Tujuan : Mengetahui hubungan antara intensitas bermain game online dengan konsentrasi belajar anak usia 10-12 tahun di SD Negeri Selomulyo Ngaglik Sleman Yogyakarta.
Metode : Desain penelitian deskriptif analitik dengan mengunakan pendekatan cross sectional. Sampel diambil dengan teknik stratified random sampling yaitu 45 siswa-siswi SD Negeri Selomulyo Yogyakarta yang berusia 10 -12 tahun. Instrumen penelitian adalah kuesioner. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan rumus Spearman Rank.
Hasil : Intensitas bermain game online pada anak usia 10-12 tahun di SD Negeri Selomulyo Ngaglik Sleman Yogyakarta sebagian besar kategori rendah (42,2%). Konsentrasi belajar sebagian besar kategori tinggi (40%). Hasil uji Rank Spearman diperoleh nilai p (0,002) dengan koefisien korelasi (rs) sebesar 0,456.
Kesimpulan : Terdapat hubungan antara hubungan antara intensitas bermain game online dengan konsentrasi belajar anak usia 10-12 tahun di SD Negeri Selomulyo Ngaglik Sleman Yogyakarta dengan keeratan hubungan yang sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Erna Fitri Widayati
Date Deposited: 16 May 2023 01:54
Last Modified: 14 Mar 2024 14:18
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/1358

Actions (login required)

View Item
View Item