HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA KEPERAWATAN DI UNIVERSITAS JENDERAL ACHMAD YANI YOGYAKARTA

Daeng Fatta Masengek, - and Retno Sumiyarini, - (2018) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA KEPERAWATAN DI UNIVERSITAS JENDERAL ACHMAD YANI YOGYAKARTA. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[thumbnail of JUDUL.pdf] Text
JUDUL.pdf

Download (417kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (876kB)
Official URL: https://unjaya.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Dampak yang timbul apabila mahasiswa tidak mendapatkan dukungan sosial yaitu keinginan belajar menjadi menurun, tidak bersemangat, bermalas-malasan dalam mengerjakan tugas. Pada saat perkuliahan berlangsung mahasiswa menjadi malas untuk masuk kelas mengikuti perkuliahan. Dukungan sosial yang baik akan mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa dan akan menggerakkan mahasiswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi di kampus.
Tujuan Penelitian: Mengetahui hubungan dukungan sosial dengan motivasi belajar mahasiswakeperawatan di Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif Non Eksperimental dengan rancangan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa keperawatan tingkat pertama di Universitas Jenderal Achmad
Yani Yogyakarta sebanyak 105 mahasiswa. Sampel diambil dengan teknik Random Samplingdidapatkan sebanyak 82 mahasiswa. Data diambil menggunakan kuesioner kemudian dianalisis menggunakan uji statistik Spearman Rank.
Hasil Penelitian: Berdasarkan tingkat, sumber dan bentuk dukungan sosial yang diterima sebanyak 67 mahasiswa (81,7%) mendapatkan dukungan sosial dalam kategori banyak, sedangkan motivasi belajar dalam kategori tinggi sebanyak 63 mahasiswa (76,8%). Berdasarkan analisa Spearman Rank diperoleh hasil p=0,000 (<0,05) menunjukkan adanya hubungan dukungan sosial dengan motivasi belajar. Nilai koefisien korelasi 0,413 dengan kekuatan hubungan sedang dan arah korelasi positif.
Kesimpulan: Ada hubungan antara dukungan sosial dengan motivasi belajar mahasiswa tingkat pertama prodi keperawatan di Unversitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Erna Fitri Widayati
Date Deposited: 16 May 2023 03:40
Last Modified: 15 Mar 2024 01:54
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/1372

Actions (login required)

View Item
View Item