HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU YANG MEMPUNYAI BALITA TERHADAP PENANGANAN DIARE DI DUSUN DUKUH DESA KARANGSARI KECAMATAN PENGASIH KULON PROGO YOGYAKARTA TAHUN 2009

Irvan, Indri Atmaka (2009) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU YANG MEMPUNYAI BALITA TERHADAP PENANGANAN DIARE DI DUSUN DUKUH DESA KARANGSARI KECAMATAN PENGASIH KULON PROGO YOGYAKARTA TAHUN 2009. Post-Doctoral thesis, STIKES JENDERAL ACHMAD YANI YOGYAKARTA.

[img] Text
Irvan_Indri_Atmaka_3207512_full.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[img]
Preview
Text
Irvan_Indri_Atmaka_3207512_nonfull.pdf - Submitted Version

Download (219kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Diare merupakan penyakit yang masih perlu diwaspadai menyerang balita. Diare merupakan penyebab utama kematian dan kesakitan pada anak di negara berkembang, termasuk Indonesia. Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan penyembuhan diare, diantaranya tingkat pengetahuan ibu mengenai diare dan penanganan ibu terhadap diare. Tujuan : Untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan ibu yang mempunyai balita terhadap penanganan diare di Dusun Dukuh Desa Karangsari Kecamatan Pengasih Kulon Progo Yogyakarta tahun 2009. Metode : Penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2009 dengan desain deskriptif korelasi dengan rancangan penelitian survey yang bersifat cross-sectional. Populasi penelitian ini adalah ibu – ibu yang mempunyai balita di Dusun Dukuh Desa Karangsari Kecamatan Pengasih Kulon Progo Yogyakarta. Populasi berjumlah 59 orang dengan sampel 48 orang. Instrumen penelitian berupa kuesioner. Pengolahan dan analisis data menggunakan program SPSS dengan rumus Spearman’s rho. Hasil : Dari 48 responden, diperoleh hasil yaitu responden dengan tingkat pengetahuan yang baik dengan penanganan terhadap diare baik pula ada 14 orang Kata kunci : Diare, Tingkat Pengetahuan ibu, Penanganan diare.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PA Keperawatan Anak
P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PK Keperawatan Komunitas dan Keluarga
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 05 Aug 2016 04:17
Last Modified: 05 Aug 2016 04:17
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/14

Actions (login required)

View Item View Item