HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG ARAFAH RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

Dewi Murni Sulistiawati, - and Rahayu Iskandar, - (2018) HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG ARAFAH RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogykarta.

[thumbnail of Skripsi Full] Text (Skripsi Full)
DEWI MURNI SULISTIAWATI_2214078.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of JUDUL.pdf] Text
JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Dalam upaya peningkatan pelayanan keperawatan, dilakukan perilaku caring perawat. Caring adalah daya utama dalam hubungan antara perawat dan klien, daya untuk melindungi dan meningkatkan harga diri klien. Pasien sebagai pengguna jasa pelayanan keperawatan menuntut pelayanan keperawatan sesuai dengan haknya, yakni pelayanan
keperawatan yang bermutu dan paripurna. Pasien akan mengeluh bila perilaku caring yang dirasakan tidak memberikan nilai kepuasan bagi dirinya.
Tujuan: Mengetahui hubungan perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien di Ruang Arafah RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.
Metode: Jenis penelitian ini adalah correlational studies dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah 63 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.
Hasil: Perilaku caring perawat terhadap persepsi pasien dengan kategori caring, yaitu sebanyak 39 responden (61,9%), kepuasan pasien terhadap pelayanan keparawatan dalam kategori puas, yaitu sebanyak 40 responden (63,5%), rentang umur responden 52 tahun, lama hari rawat inap 5 hari, dengan tingkat pendidikan SD sebanyak 25 responden (39,7%), dan jenis kelamin sebanyak 58 (92,1%). Berdasarkan uji korelasi gamma di dapatkan p-value 0.000 lebih kecil dari 0.05 maka hipotesis Ha diterima yang berarti ada hubungan antara perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien. Selanjutnya didapatkan nilai r hitung 0,861 yang berarti memiliki hubungan yang sangat kuat.
Kesimpulan: Ada hubungan yang signifikan antara perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien di Ruang Arafah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Caring Perawat, Kepuasan Pasien.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Erna Fitri Widayati
Date Deposited: 03 Apr 2023 03:15
Last Modified: 15 Mar 2024 05:41
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/15

Actions (login required)

View Item
View Item