PENGARUH METODE CERAMAH TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG SADARI PADA REMAJA PUTRI KELAS XI SMAN I KARANGMOJO GUNUNG KIDUL

Maryanti, - (2011) PENGARUH METODE CERAMAH TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG SADARI PADA REMAJA PUTRI KELAS XI SMAN I KARANGMOJO GUNUNG KIDUL. Kebidanan, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Maryanti_1308207_nonfull resize.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text
Maryanti_1308207_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang: Upaya menemukan kanker pada stadium dini merupakan upaya yang penting, karena 75% sampai 85% tumor payudara ditemukan dengan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI), namun hanya 25% sampai 35% wanita yang melakukan SADARI dengan baik dan teratur setiap bulannya. Sampai saat ini SADARI masih menjadi bagian penting pendidikan kesehatan. Pendidikan kesehatan ditujukasan untuk meningkatkan pengetahuan wanita tentang SADARI. Pendidikan kesehatan dapat melalui ceramah, efektifitas suatu metode pemberian informasi kesehatan sangat tergantung dari besarnya sasaran, pendidikan formal dan sosial budaya yang ada pada sasaran tesebut. Saran pendidikan kesehatan pada penelitian ini ini adalah Remaja Putri Kelas XI SMAN I Karangmojo Gunung Kidul. Tujuan Penelitian: Untuk Untuk mengetahui pengaruh metode ceramah dalam meningkatkan pengetahuan remaja putri kelas XI tentang pemeriksaan payudara sendiri. Metode penelitian: Quasi experiment dengan pretest-posttest group desain dan control group randomized. Pendekatan yang digunakan adalah prospektif. Lokasi penelitian di SMAN I Karangmojo Gunung Kidul. Jumlah populasi 106 orang. Teknik sampel yang digunakan Simple Random Sampling. Sampel penelitian adalah siswi kelas XI SMAN I Karangmojo Gunung Kidul.. Jumlah sampel adalah 52 siswi. Uji analisa data yang digunakan adalah Paired t test. Uji signifikansi menggunakan rumus t dengan taraf kesalahan 5 %. Hasil: Pada kelompok eksperimen rata-rata peningkatan pengetahuan tentang SADARI 3,6538, dengan nilai t hitung -7,821 dibandingkan dengan t tabel pada N: 52, taraf kesalahan 5% didapatkan nilai t: -2,021 jadi – t hitung< - t tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan yang bermakna (signifikan) antara pengetahuan pre dan post responden dan ada pengaruh pemberian ceramah tentang SADARI terhadap peningkatan pengetahuan tentang SADARI pada remaja putri kelas XI SMAN I Karangmojo Gunung Kidul. Kesimpulan: Ada pengaruh metode ceramah terhadap peningkatan pengetahuan remaja putri tentang SADARI di kelas XI SMAN I Karangmojo Gunung Kidul.

Item Type: Other
Additional Information: Dosen Pembimbing 1 :Fahrudin Dosen Pembimbing 2 :Endang Suprapti
Uncontrolled Keywords: SADARI, pengetahuan , ceramah.
Subjects: Kebidanan > BR Kesehatan Reproduksi (Kespro)
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Kebidanan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 08 Nov 2017 08:36
Last Modified: 08 Nov 2017 08:36
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/1555

Actions (login required)

View Item View Item