Kepuasan Pelayanan Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Sedayu II Bantul

Yohana Pangestika, - and Ristiana Eka Ariningtyas, - (2022) Kepuasan Pelayanan Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Sedayu II Bantul. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[thumbnail of Judul_191204022_Yohana Pangestika_RMIK.pdf] Text
Judul_191204022_Yohana Pangestika_RMIK.pdf

Download (795kB)
[thumbnail of Abstrak_191204022_Yohana Pangestika_RMIK.pdf] Text
Abstrak_191204022_Yohana Pangestika_RMIK.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of Bab 1_191204022_Yohana Pangestika_RMIK.pdf] Text
Bab 1_191204022_Yohana Pangestika_RMIK.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of Bab 2_191204022_Yohana Pangestika_RMIK.pdf] Text
Bab 2_191204022_Yohana Pangestika_RMIK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[thumbnail of Bab 3_191204022_Yohana Pangestika_RMIK.pdf] Text
Bab 3_191204022_Yohana Pangestika_RMIK.pdf

Download (470kB)
[thumbnail of Bab 4_191204022_Yohana Pangestika_RMIK.pdf] Text
Bab 4_191204022_Yohana Pangestika_RMIK.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of Bab 5_191204022_Yohana Pangestika_RMIK.pdf] Text
Bab 5_191204022_Yohana Pangestika_RMIK.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_191204022_Yohana Pangestika_RMIK.pdf] Text
Daftar Pustaka_191204022_Yohana Pangestika_RMIK.pdf

Download (415kB)
[thumbnail of Lampiran_191204022_Yohana Pangestika_RMIK.pdf] Text
Lampiran_191204022_Yohana Pangestika_RMIK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Plagiarisme_191204022_Yohana Pangestika_RMIK.pdf] Text
Plagiarisme_191204022_Yohana Pangestika_RMIK.pdf

Download (576kB)
Official URL: https://unjaya.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Kepuasan adalah rasa bahagia atau menyesal yang timbul akibat memiliki perbandingan harapan atau pelayanan yang diterimanya pada beberapa produk atau jasa yang diperolehnya. Berdasarkan hasil studi pendahuluan, terdapat pasien yang merasa kurang puas karena kurangnya fasilitas seperti bangku di ruang tunggu serta ruangan yang sempit, tetapi pasien lainnya menyatakan cukup puas dengan pelayanan pendaftaran pasien di Puskesmas Sedayu II Bantul seperti kedisiplinan petugas, petugas tepat waktu serta cekatan dalam memberikan pelayanan.
Tujuan Penelitian: Mengetahui kepuasan di pelayanan pendaftaran pasien rawat jalan di Puskesmas Sedayu II Bantul.
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan data menggunakan teknik accidental sampling dengan responden sebanyak 51 pasien. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner.
Hasil: Berdasarkan hasil penelitian, 31 (60,8%) responden menyatakan puas serta 20 (39,2%) responden sangat puas. Berdasarkan karakteristik, responden terbanyak berjenis kelamin perempuan 37 (72,5%), berumur 23-32 tahun sebanyak 26 (50,9%), jenjang pendidikan terakhir SMA sebanyak 22 (43,1%), serta bekerja sebagai pegawai swasta sebanyak 22 (43,1%). Tingkat kepuasan tertinggi berdasarkan 5 dimensi kepuasan yaitu dimensi reliability (keandalan) responden menyatakan sangat puas sebanyak 40 (78,43%), sedangkan tingkat kepuasan terendah pada dimensi empathy (kepedulian) responden terbanyak menyatakan puas sebanyak 32 (62,8%).
Kesimpulan: Tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Sedayu II Bantul dalam kategori Puas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pelayanan
Subjects: R Medicine > RZ Medical Record and Health Information
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Mrs Tiara DP
Date Deposited: 27 Jan 2024 06:38
Last Modified: 27 Jan 2024 06:38
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/1571

Actions (login required)

View Item
View Item