GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN IBU HAMIL TERHADAP MUTU PELAYANAN ANTENATAL DI BPS Y SRI SUYANTININGSIH KULON PROGO TAHUN 2011

Salis Aliffia W, - (2011) GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN IBU HAMIL TERHADAP MUTU PELAYANAN ANTENATAL DI BPS Y SRI SUYANTININGSIH KULON PROGO TAHUN 2011. Kebidanan, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Salis Aliffia Wulandari_1308190_nonfull.pdf

Download (392kB) | Preview
[img] Text
Salis Aliffia Wulandari_1308190_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Pelayanan kesehatan di Indonesia mengalami masa transisi pandangan yaitu dari perencanaan pelayanan kesehatan ke perencanaan strategi, salah satu upaya yang dilakukan BPS adalah menerapkan manajemen yang berorientasi konsumen, dengan menciptakan dan mengelola suatu sistem untuk memperoleh kepuasan pelanggan. Studi pendahuluan yang dilakukan melalui wawancara terhadap 10 responden menyatakan bahwa pelayanan antenatal di BPS Y Sri Suyantiningsih telah sesuai dengan yang diharapkan. Dari hasil wawancara tersebut, para responden menyatakan bahwa mereka lebih senang memeriksakan kehamilannya di BPS Y Sri Suyantiningsih, meskipun rumah mereka terdapat BPS lain yang jaraknya lebih dekat. Tujuan : Untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan ibu hamil terhadap mutu pelayanan antenatal di BPS Y Sri Suyantiningsih. Metode Penelitian : Jenis penelitian ini deskriftif dengan pendekatan cross sectional, populasi adalah semua ibu hamil yang melakukan pelayanan antenatal care sejumlah 48 ibu hamil. Sampel yang diambil total sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner, teknik analisa dengan deskriftif kuantitatif yang disajikan dalam tabel distribusi frekuensi dengan kategori sangat puas, puas, cukup puas, kurang puas, dan tidak puas. Hasil : Berdasarkan hasil pengolahan data sebagian besar menyatakan sangat puas, pada dimensi tangiable menyatakan sangat puas dengan kategori 75%. Pada dimensi reability menyatakan sangat puas dengan kategori 83.3%. pada dimensi responsiveness menyatakan sangat puas dengan kategori 87.5%. pada dimensi assurance menyatakan sangat puas dengan kategori 85.4%. Dan pada dimensi empaty menyatakan sangat puas pada kategori 89.6%. Tingkat kepuasan ibu hamil terhadap mutu pelayanan antenatal menyatakan sangat puas pada kategori 87.5%. Kesimpulan : Tingkat kepuasan ibu hamil terhadap mutu pelayanan antenatal mayoritas menyatakan sangat puas

Item Type: Other
Additional Information: Dosen Pembimbung 1 :Endah Puji Astuti Dosen pembimbing 2 :Budi Astuti Lucia
Uncontrolled Keywords: Kepuasan ibu hamil, mutu pelayanan, tangiable, reability, responsiveness, assurance, empaty
Subjects: Kebidanan > BK Kehamilan
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Kebidanan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 10 Nov 2017 06:51
Last Modified: 10 Nov 2017 06:51
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/1640

Actions (login required)

View Item View Item