GAMBARAN PENILAIAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN IBU DAN ANAK (KIA) OLEH BIDAN DI POLINDES KHARISMA CONDONGCATUR SLEMAN TAHUN 2013

Ima Ratna Furiati, - and Isti Handayaningsih, - and Ratna Prahesti, - (2013) GAMBARAN PENILAIAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN IBU DAN ANAK (KIA) OLEH BIDAN DI POLINDES KHARISMA CONDONGCATUR SLEMAN TAHUN 2013. Kebidanan, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. (Unpublished)

[img] Text
Ima Ratna Furiati_1309152_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak & Intisari)
Ima Ratna Futiati.pdf

Download (142kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya. Penilaian ini wajib dilakukan semua instansi pelayanan publik menurut Keputusan MENPAN Nomor: KEP/25/M.PAN/2/2004. Namun berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di Polindes Kharisma di dapati bahwa Polindes Kharisma ini belum pernah melakukan penilaian tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan terhadap pasien. Kondisi ini mendorong penulis melakukan penelitian untuk gambaran indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan KIA oleh bidan di Polindes Kharism Condongcatur Sleman. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepuasan masyarakat terhadap pelayanan KIA oleh bidan di Polindes Kharisma Condongcatur Sleman. Metode penelitian ini adalah deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah pasien yang menggunakan pelayanan KIA di Polindes Kharisma Condongcatur Sleman tahun 2013 dengan teknik sampel accidental sampling dengan jumlah 150 responden pasien KIA. Pengumpulan data diakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisis data dengan metode kuantitatif deskriptif. Hasil : Hasil penelitian mendapatkan bahwa gambaran indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan KIA oleh bidan di Polindes Kharisma Condongcatur Sleman dengan kategori baik yaitu 78,64%. Simpulan : Penilaian indeks kepuasan masyarakat (IKM) perlu dilaksanakan secara rutin guna meningkatkan kualitas serta mutu pelayanan.

Item Type: Tugas Akhir
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Isti Handayaningsih Dosen Pembimbing 2: Ratna Prahesti
Uncontrolled Keywords: Indeks kepuasan, pelayanan KIA
Subjects: B Kebidanan (klasifikasi berdasar topik peminatan) > BA Balita & Anak
Divisions: Program Studi > Prodi Kebidanan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 28 Mar 2018 07:38
Last Modified: 28 Mar 2018 07:38
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/1699

Actions (login required)

View Item View Item