HUBUNGAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SISWI KELAS III-VI SD NEGERI TAMANSARI II YOGYAKARTA

Bernadus Dauth, - and Retno Sumiyarini, - (2019) HUBUNGAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SISWI KELAS III-VI SD NEGERI TAMANSARI II YOGYAKARTA. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[thumbnail of Judul.pdf] Text
Judul.pdf

Download (439kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of Bab I.pdf] Text
Bab I.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of Bab II.pdf] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[thumbnail of Bab III.pdf] Text
Bab III.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of Bab IV.pdf] Text
Bab IV.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of Bab V.pdf] Text
Bab V.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://unjaya.ac.id/

Abstract

Latar Belakang : Pada tahun 2017 pengunaan internet di Indonesia sudah mencapai 54,68 % dan pengguna internet untuk bermain game online di Indonesia adalah sebanyak 54,13% disegala usia, sedangkan pengguna internet untuk bermain game online anak usia sekolah di Indonesia 10.15%. Game online memiliki dampak positif dan negatif, dampak positif game online meningkatkan kemampuan berpikir pada anak, menghilangkan stress,berdampak positif pada nilai akademik terutama mata pelajaran komputer dan dampak negatif dari bermain game online yaitu dampak fisik, psikologi dan kognitif, performa akademik anak, dampak negatif terhadap anak saat frekuensi intensitas bermain game online melebih batas normal yaitu, anak menjadi agresif dan prestasi belajar anak menjadi rendah
Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui Hubungan Intensitas Bermain game Online dengan Prestasi Belajar Siswa-Siswi Kelas III-VI SD Negeri Tamansari II Yogyakarta.
Metode Penelitian : Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Cross-sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan
nilai rata-rata rapor semua mata pelajaran semester gasal. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunkan uji Kendall tau.
Hasil Penelitian : Terdapat hubungan antara Intensitas Bermain Game Online dengan Prestasi Belajar Siswa-Siswi Kelas III-VI SD Negeri Tamansari II Yogyakarta dengan nilai signifikan sebesar 0,000 menunjukan bahwa ada hubungan yang signifikan. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,352 yang berarti tingkat hubungan antara intensitas bermain game online dengan prestasi belajar siswa-siswi kelas III-VI SD Negeri Tamansari II Yogyakarta memiliki keeratan hubungan yang rendah
Kesimpulan : Ada hubungan antara Intensitas Bermain Game Online dengan Prestasi Belajar Siswa-Siswi Kelas III-VI SD Negeri Tamansari II Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Game Online, Prestasi Belajar
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Mrs Tiara DP
Date Deposited: 26 Feb 2024 02:57
Last Modified: 26 Feb 2024 02:57
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/1820

Actions (login required)

View Item
View Item