PERSEPSI KLIEN TENTANG KOMUNIKASI TERAPEUTIK BIDAN DALAM PELAYANAN KEBIDANAN DI BPS AMANAH CONDONG CATUR SLEMAN, YOGYAKARTA

Yati Ardila, - and Wenny Savitri, - (2013) PERSEPSI KLIEN TENTANG KOMUNIKASI TERAPEUTIK BIDAN DALAM PELAYANAN KEBIDANAN DI BPS AMANAH CONDONG CATUR SLEMAN, YOGYAKARTA. Kebidanan, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. (Unpublished)

[img] Text
Yati Ardila_1310229_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Yati Ardila_1310229_abstrak.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Suatu pelayanan dikatakan bermutu apabila memberikan kepuasan kepada klien. Kepuasan klien dalam menerima pelayanan kesehatan mencakup beberapa dimensi, salah satu diantaranya adalah kelancaran komunikasi antara petugas kesehatan (termasuk bidan) dengan klien. Hal ini berarti pelayanan kesehatan bukan hanya pengobatan secara medis saja melainkan juga berorientasi pada komunikasi karena komunikasi sangat penting dan berguna bagi klien (Pohan, 2007). Komunikasi yang efektif juga sangat penting dalam pelayanan, salah satu komunikasi yang dibutuhkan dalam pelayanan adalah komunikasi terapeutik. Komunikasi terapeutik didefinisikan sebagai komunikasi yang direncanakan secara sadar, bertujuan dan kegiatan dipusatkan untuk kesembuhan klien. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui persepsi klien tentang komunikasi terapeutik bidan dalam pelayanan kebidanan di BPS Amanah. Metode Penelitian : Menggunakan metode deskritif dengan pendekatan Survey. Teknik sampling menggunakan teknik Non Random, dengan menggunakan metode Purposive Sampling dengan subjek semua klien yang mendapatkan pelayanan imunisasi bagi anggota keluarga di BPS Amanah Condong Catur Sleman Yogyakarta. Jumlah sampel sebanyak 38 orang, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah koesioner yang telah diuji validitas dan realibilitasnya. Hasil Penelitian : Persepsi klien tentang komunikasi terapeutik bidan di BPS Amanah Condong Catur Sleman termasuk dalam kategori baik sebanyak 34 responden (89,5%). Persepsi klien tentang komunikasi terapeutik pada fase orientasi termasuk dalam kategori baik, dengan jumlah responden sebanyak 34 orang (89,5%). Persepsi klien tentang komunikasi terapeutik pada fase kerja termasuk dalam kategori baik, dengan jumlah responden sebanyak 27 orang (71,1%). Persepsi klien tentang komunikasi terapeutik pada fase terminasi termasuk dalam kategori baik, dengan jumlah responden sebanyak 27 orang (71,1%) Kesimpulan : Persepsi klien tentang komunikasi terapeutik bidan di BPS Amanah Condong Catur Sleman termasuk dalam kategori baik.

Item Type: Tugas Akhir
Additional Information: Dosen Pembimbing: Wenny Savitri
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Komunikasi Terapeutik
Subjects: B Kebidanan (klasifikasi berdasar topik peminatan) > BK Kehamilan
Divisions: Program Studi > Prodi Kebidanan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 12 Jul 2018 03:30
Last Modified: 12 Jul 2018 03:30
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/1829

Actions (login required)

View Item View Item