GAMBARAN KECEMASAN IBU PEKERJA DALAM PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA BAYINYA DI DESA PENDOWOHARJO KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL

Murtasiah, - (2015) GAMBARAN KECEMASAN IBU PEKERJA DALAM PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA BAYINYA DI DESA PENDOWOHARJO KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL. Diploma thesis, STIKES Jenderal A. Yani Yogyakarta.

[img] Text
Murtasiah_1112185_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
Murtasiah_1112185_nonfull resize.pdf

Download (174kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Pemberian ASI secara Ekklusif merupakan kegiatan penting dalam pemeliharaan anak. Cakupan ASI Eksklusif di Provinsi DIY hanya mencapai 66,7% pada tahun 2013. Cakupan ASI Eksklusif di Kabupaten Bantul mengalami penurunan menjadi 62% pada tahun 2013. Tujuan : Diketahui gambaran kecemasan ibu pekerja dalam memberikan ASI Eksklusif pada bayinya di Desa Pendowoharjo Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul. Metode : Jenis penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu pekerja yang memiliki bayi 0-6 bulan di Desa Pendowoharjo Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul. Teknik yang digunakan yaitu purposive sampling sebanyak 35 orang. Alat dan metode dengan kuisioner kecemasan. Uji analisis dengan univariat. Hasil : Mayoritas tingkat kecemasan ibu pekerja dalam pemberian ASI dalam kategori cemas sedang yaitu sebesar 65,7%. Proporsi bayi yang mendapat ASI Eksklusif pada ibu pekerja sebanyak 31,4%, dan proporsi bayi yang tidak mendapatkan ASI Eksklusif pada ibu pekerja sebanyak 68,6%. Kesimpulan : Mayoritas tingkat kecemasan ibu pekerja dalam pemberian ASI Eksklusif pada bayinya di Desa Pendowoharjo Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul dalam kategori cemas sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Dosen Pembimbing Elvika Fit Ari Shanti, S.ST.M.Kes
Uncontrolled Keywords: ASI Eksklusif, Kecemasan ibu pekerja, exclusive breast feeding, the anxiety of the worker mother
Subjects: B Kebidanan (klasifikasi berdasar topik peminatan) > BL Bayi Baru Lahir (BBL)
B Kebidanan (klasifikasi berdasar topik peminatan) > BN Nifas
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Kebidanan
Depositing User: Tati Adityanti
Date Deposited: 09 Nov 2016 03:30
Last Modified: 14 Nov 2017 04:13
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/198

Actions (login required)

View Item View Item