TINGKAT PENGETAHUAN SUAMI AKSEPTOR KB TENTANG METODE OPERASI PADA PRIA (MOP) DI DESA PRENGGAN KOTAGEDE YOGYAKARTA

Rika Kristiyaningsih, - (2015) TINGKAT PENGETAHUAN SUAMI AKSEPTOR KB TENTANG METODE OPERASI PADA PRIA (MOP) DI DESA PRENGGAN KOTAGEDE YOGYAKARTA. UNSPECIFIED. (Unpublished)

[img] Text
Rika Kristiyaningsih_1112126_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Rika Kristiyaningsih_1112126_nonfull resize.pdf

Download (201kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Upaya pengendalian kuantitas penduduk dilakukan melalui Keluarga Berencana (KB). Secara kependudukan KB bertujuan untuk menekan laju pertumbuhan penduduk. Dilihat dari jenis kelamin metode kontrasepsi wanita yang digunakan jauh lebih besar yaitu 93,06% dibandingkan pria yang hanya 3,91%. Salah satu metode kontrasepsi pria yang masih jarang digunakan adalah Metode Operasi pada Pria (MOP). Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan suami akseptor KB tentang Metode Operasai pada Pria di Desa Prenggan Kotagede Yogyakarta pada tahun 2015. Metode Penelitian: Dalam penelitian ini menggunakan metode survai untuk jenis penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Instrument penelitian menggunakan kuesioner tertutup sebagai alat pengumpul data. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh suami dari akseptor KB di desa Prenggan Kotagede Yogyakarta tahun 2015 sebanyak 677 orang jumlah sampel 87 orang dengan teknik pengambilan sampel dengan Purposive Sampling. Analisa data secara univariat. Hasil Penelitian: Dari hasil penelitian, didapatkan mayoritas 65,5% akseptor berusia >40 tahun, 49,4% berpendidikan SMA, 65,5% bekerja sebagai wiraswasta. Analisa hasil penelitian diadapatkan mayoritas responden ber pengetahuan cukup sebesar 43 orang (49,4%), ber pengetahuan baik (40,2%) dan ber pengetahuan kurang sebesar (10,3%). Kesimpulan: Tingkat pengetahuan suami tentang MOP dalam kategori cukup. Disarankan suami akseptor KB mempunyai keinginan dan kemauan untuk meningkatkkan pengetahuan tentang KB MOP.

Item Type: Other
Additional Information: Dosen Pembimbing Tyasning Yuni Astuti, S.ST., M.Kes
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pengetahuan Suami, Metode Operasi pada Pria (MOP), Husbands Knowledge level, Surgical Method on Male (MOP)
Subjects: Kebidanan > BB Keluarga Berencana(KB)
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Kebidanan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 09 Nov 2016 04:25
Last Modified: 15 Nov 2017 06:52
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/203

Actions (login required)

View Item View Item