HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PKU MUHAMMADIYAH BANTUL YOGYAKARTA

Khairul Anwar, - and Rahayu Iskandar, - (2017) HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PKU MUHAMMADIYAH BANTUL YOGYAKARTA. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[thumbnail of JUDUL.pdf] Text
JUDUL.pdf

Download (488kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (339kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://unjaya.ac.id/

Abstract

Latar Belakang : Kemampuan komunikasi yang baik dari perawat merupakan salah satu faktor keberhasilan dalam melaksanakan proses keperawatan yang meliputi tahap pengkajian, perumusan diagnosa, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pasien akan merasa puas ketika kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya sama atau melebihi harapanya dan sebaliknya, ketidakpuasan atau perasaan kecewa pasien akan muncul apabila kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya tidak sesuai dengan harapanya. Komunikasi terapeutik diterapkan oleh perawat dalam berintraksi dengan pasien untuk meningkatkan rasa saling percaya, dan apabila tidak diterapkan akan menggangu hubungan terapeutik yang berdampak pada ketidakpuasan pasien
Tujuan Penelitian : Mengetahui hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien Rawat Inap Di PKU Muhammadiyah Bantul Yogyakarta.
Metode Penelitian : Desain penelitian deskriptif korelatif dengan mengunakan pendekatan cross sectional. Sampel diambil dengan teknik total sampling yaitu 41 pasien. Instrumen penelitian adalah kuesioner. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan rumus Chi square.
Hasil penelitian : Pelaksanaan komunikasi terapeutik perawat ruang rawat inap di PKU Muhammadiyah Bantul Yogyakarta sebagian besar adalah baik sebanyak 27 orang (65,9%). Sebagian besar pasien merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan di ruang rawat inap PKU Muhammadiyah Bantul Yogyakarta sebanyak 25 orang (61%). Hasil uji Chi square diperoleh nilai p (0,002) < 0,05.
Kesimpulan : Terdapat hubungan yang signifikan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien Rawat Inap di PKU Muhammadiyah Bantul Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Mrs Tiara DP
Date Deposited: 18 Apr 2024 08:09
Last Modified: 18 Apr 2024 08:09
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/2106

Actions (login required)

View Item
View Item