HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK DENGAN TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA KEPERAWATAN STIKES JENDERAL A. YANI YOGYAKARTA

Gifari Wahyu Wibisana, - (2017) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK DENGAN TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA KEPERAWATAN STIKES JENDERAL A. YANI YOGYAKARTA. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text
GIFARI WAHYU WIBISANA_2213054_FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
GIFARI WAHYU WIBISANA_2213054_pisah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Kualitas pelayanan akademik merupakan salah satu aspek terpenting yang harus diperhatikan di setiap perguruan tinggi. Menurut Mahmud layanan akademik yang terdapat di perguruan tinggi yaitu layanan informasi, layanan saranan dan prasaranan, layanan administrasi, layanan akademik, layanan pengembangan bakat minat serta keterampilan dan layanan kesejahteraan. Kepuasan Mahasiswa akan tercapai apabila ada kesesuaian antara layanan yang diberikan dengan harapan mahasiswa. Tujuan Penelitian: Mengetahui adanya hubungan antara kualitas pelayanan akademik dengan tingkat kepuasan mahasiswa. Metode Penelitian: Metode deskriptif korelasi,pendekatan cross sectional. Populasi seluruh mahasiswa keperawatan semester 2, 4, 6, 8 di Stikes Jenderal A.Yani Yogyakarta sebanyak 436 mahasiswa. Teknik sampel stratified random sampling, sampel sebanyak 209 mahasiswa. Instrument kualitas pelayanan merujuk pada teori Kotler dan Fox dan instrument tingkat kepuasan mahasiswa merujuk pada teori Parasuraman, Teknik analisis data kendall’s tau. Hasil Penelitian: 1. Tidak ada hubungan kualitas pembelajaran dengan kepuasan mahasiswa keperawatan, di Stikes Jenderal A.Yani Yogyakarta 2. Ada hubungan bimbingan akademik dengan kepuasan mahsiswa keperawatan di Stikes Jenderal A.Yani Yogyakarta, 3. Ada hubungan sumber daya pendukung dengan kepuasan mahasiswa, di Stikes Jenderal A.Yani Yogyakarta 4. Ada hubungan aktivitas ekstrakurikuler dengan kepuasan mahasiswa keperawatan di Stikes Jenderal A.Yani Yogyakarta 5. Ada hubungan komunikasi dengan pimpinan terhadap kepuasan mahasiswa keperawatan, di Stikes Jenderal A.Yani Yogyakarta 6. Ada hubungan layanan administrasi dengan kepuasan mahasiswa keperawatan di Stikes Jenderal A.Yani Yogyakarta. Kesimpulan: Kualitas layanan akademik memiliki hubungan dengan tingkat kepuasan mahasiswa keperawatan Stikes Jenderal A.Yani Yogyakarta (p=0,000).

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Rahayu Iskandar
Uncontrolled Keywords: Kualitas layanan akademik, Tingkat kepuasan mahasiswa
Subjects: Keperawatan > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan)
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 03 Nov 2017 03:43
Last Modified: 03 Nov 2017 03:43
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/2138

Actions (login required)

View Item View Item