PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) DI STIKES JENDERAL ACHMAD YANI YOGYAKARTA

Fergiawan Yuda Pradana, - (2017) PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) DI STIKES JENDERAL ACHMAD YANI YOGYAKARTA. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Intisari dan Abstrak)
Fergiawan Yuda P 2212126.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview
[img] Text
FERGIAWAN YUDA PRADANA_2212126_FULL-ilovepdf-compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Proses pembelajaran yang banyak dipraktikkan sekarang ini sebagian besar berbentuk penyampaian secara tatap muka (lecturing) searah. Pola proses pembelajaran dosen aktif dengan mahasiswa pasif ini efektivitasnya rendah, dan tidak dapat menumbuh-kembangkan proses partisipasi aktif dalam pembelajaran. Oleh karenanya,perlu dilakukan perubahan dalam proses dan materi pembelajaran di perguruan tinggi tidak lagi berbentuk Teacher-Centered Learning (TCL), tetapi diganti dengan menggunakan prinsip Student-Centered Learning (SCL) yang disesuaikan dengan keadaan perguruan tingginya. Tujuan Penelitian: Mengetahui persepsi mahasiswa belajar menggunakan model pembelajaran SCL di PSIK STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif guna mengeksplorasi fenomena secara intuitif, analitik, dan deskriptif dari pengalaman partisipan. Jumlah sampel sebanyak 3 informan. Analisa dengan cara mendokumentasikan data hasil wawancara. Hasil: Berdasarkan dari hasil penelitian tentang Persepsi Mahasiswa Terhadap Model Pembelajaran Student Centered Learning (SCL) di STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta di dapatkan hasil bahwa ada 2 persepsi yang disampaikan oleh mahasiswa yaitu SCL memacu proses belajar mandiri orang dewasa dan dosen memfasilitasi proses belajar melalui metode belajar yang variatif Kesimpulan: Persepsi mahasiswa terhadap model pembelajaran Student Centered Learning (SCL) di STIKES Jenderal Ahmad Yani Yogyakarta yaitu memacu proses belajar mandiri orang dewasa dan dosen memfasilitasi proses belajar melalui metode belajar yang variatif

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Rahayu Iskandar Dosen Pembimbing 2: Puji Sutarjo
Uncontrolled Keywords: Persepsi mahasiswa, model pembelajaran SCL
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan)
P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PK Keperawatan Komunitas dan Keluarga
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 20 Feb 2018 02:26
Last Modified: 20 Feb 2018 02:26
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/2156

Actions (login required)

View Item View Item