GAMBARAN PROSES PEMBELAJARAN MATA KULIAH KETERAMPILAN DASAR DALAM KEPERAWATAN II DI PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN JENDERAL ACHMAD YANI YOGYAKARTA

Neni Seprianti, - and Wenny Savitri, - (2012) GAMBARAN PROSES PEMBELAJARAN MATA KULIAH KETERAMPILAN DASAR DALAM KEPERAWATAN II DI PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN JENDERAL ACHMAD YANI YOGYAKARTA. Post-Doctoral thesis, Stikes Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text
Neni Seprianti_32105008_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
Neni Seprianti_32105008_nonfull.pdf

Download (749kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Pendidikan keperawatan harus dikembangkan pada pendidikan tinggi sehingga dapat menghasilkan lulusan yang memiliki sikap, pengetahuan dan keterampilan profesional agar dapat melaksanakan peran dan fungsinya sebagai perawat profesional. Peran utama perawat adalah mampu melaksanakan asuhan keperawatan profesional yang didasarkan pada ilmu dan teknologi keperawatan, oleh sebab itu bagi setiap profesi keperawatan dituntut untuk lebih meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam memberikan asuhan keperawatan dan memiliki kompetensi utama untuk menampilkan unjuk kerja yang memuaskan sesuai dengan penciri program studi. Mata ajar Keterampilan Dasar Dalam Keperawatan II yang biasanya disebut dengan singkatan KDDK II di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jenderal Achmad Yani Yogyakarta diberikan untuk mengekspresikan dan menerapkan prinsip-prinsip teoritis dan keterampilan klinis yang berfokus pada pengkajian tehadap manusia dari aspek kebutuhan fisik, psikologis, sosial, kultural dan spiritual. Pembelajaran KDDK II sangat penting dan ditekankan sejak awal dari program pendidikan agar peserta didik menyadari bahwa keterampilan klinik yang mereka miliki bergantung pada seberapa jauh mereka menguasai teori dasar. Dengan demikian mata kuliah KDDK II sangat penting bagi pendidikan keperawatan sehingga perlu untuk dievaluasi. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran mata kuliah KDDK II di Program Studi Ilmu Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. Metode : Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif non analitik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei deskriptif. Cara pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Jumlah sampel yang didapatkan dalam penelitian ini adalah 88 mahasiswa Ilmu Keperawatan Stikes A. Yani Yogyakarta. Hasil : Gambaran proses pembelajaran mata kuliah KDDK II di Program Studi Ilmu Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jenderal Achmad Yani Yogyakarta yaitu cukup baik (66,56%), tujuan pembelajaran cukup baik (57,79%), kesesuaian materi pembelajaran baik (93,67%), kesesuaian metode pembelajaran cukup baik (81,17%), kesesuaian penggunaan media pembelajaran cukup baik (81,33%). Kesimpulan : Gambaran proses pembelajaran mata kuliah KDDK II di Program Studi Ilmu Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jenderal Achmad Yani adalah cukup baik. Dengan mempertimbangkan hasil penelitian ini, maka disarankan agar dapat lebih meningkatkan mutu dari proses pembelajaran sehingga hasil yang cukup baik dapat menjadi semakin lebih baik. Kata Kunci : Proses Pembelajaran, mata kuliah KDDK II

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Proses Pembelajaran, mata kuliah KDDK II
Subjects: Keperawatan > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan)
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Perpustakaan Unjaya
Date Deposited: 16 Aug 2016 01:39
Last Modified: 15 Feb 2019 03:58
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/22

Actions (login required)

View Item View Item