Akal Riyadi, - (2017) HUBUNGAN STATUS AKREDITASI PUSKESMAS DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS KABUPATEN BANTUL. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
![]() |
Text
AKAL RIYADI_22131001_full.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
Text
AKAL RIYADI_22131001_pisah.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Latar Belakang : Dalam upaya peningkatan mutu pelayanan Klinik, dilakukan akreditasi puskesmas. Akreditasi dilakukan secara berkala paling sedikit 3 (tiga) tahun sekali. Salah satu indikator kualitas pelayanan adalah kepuasan pasien. Tujuan: Mengetahui hubungan status Akreditasi Puskesmas dengan tingkat kepuasan pasien Puskesmas di kabupaten Bantul Metode : Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasionaldengan pendekatan crossectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 88/4 puskesmas responden dengan menggunakan teknik sampel cluster sampling. Instrumen menggunakan kusioner indeks kepuasan masyarakat dari KEMENPAN (2004) Hasil : Keseluruhan kepuasan pasien dalam kategori cukup sebanyak 73 responden (83,0%), dengan rentang usia 31-46 tahun sebanyak 34 responden (38,6%), 39 reponden (44,3%) dengan jenis kelamin perempuan, dengan tingkat pendidikan SLTA sebanyak 42 responden (52,3%), dan pekerjaan wiraswasta/usahawan sebanyak 26 responden (29,5%). Uji Sommers’d diperoleh p-value sebesar 0,337 > (0,05) Kesimpulan: Tidak ada hubungan yang signifikan antara status akreditasi dengan tingkat kepuasan pasien Puskesmas.
Item Type: | Thesis (Post-Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing: DebbyZulkarnain Rahardiansyah |
Uncontrolled Keywords: | Akreditasi Puskesmas, Tingkat Kepuasan Pasien |
Subjects: | Keperawatan > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan) |
Divisions: | Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Admin Repository Perpustakaan |
Date Deposited: | 06 Nov 2017 02:12 |
Last Modified: | 06 Nov 2017 02:12 |
URI: | http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/2201 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |