HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT RACHMA HUSADA BANTUL

Leni Fitia, - (2017) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT RACHMA HUSADA BANTUL. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text
LENI FITIA_2213021_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
LENI FITIA_2213021_pisah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Kualitas pelayanan kesehatan menjadi salah satu faktor penentu citra institusi pelayanan kesehatan di mata masyarakat. Hal ini terjadi karena keperawatan merupakan kelompok profesi dengan jumlah terbanyak, paling depan dan terdekat dengan penderitaan, kesakitan, serta kesengsaraan yang di alami pasien dan keluarganya. Salah satu indikator dari mutu pelayanan keperawatan itu adalah apakah pelayanan keperawatan yang diberikan itu memuaskan pasien atau tidak. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Rachma Husada Bantul Yogyakarta. Metode Penelitian: Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan desain penelitian deskriftif korelatif menggunakan pendekatan cross-sectional. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 7-12 september 2017 di Bangsal Arofah kelas 2, dan 3 Bangsal Roudho kelas 3, Bangsal Armina kelas 3 dan Ruang Isolasi di Rumah Sakit Rachma Husada. Hasi Penelitian: Sebagian besar pasien menilai kualitas pelayanan keperawatan di Rumah Sakit Rachma Husada Bantul Yogyakarta dalam kategori baik 47 (63,5%). Sebagian besar tingkat kepuasan pasien dalam kategori tinggi 54 (73,0%). Kesimpulan: Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian dimana kesimpulan besar pasien menilai kualitas pelayanan keperawatan di Rumah Sakit Rachma Husada Bantul dalam kategori baik 47 (63,5%). Sebagian besar tingkat kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Rachma Husada Bantul dalam kategori tinggi 56 (73,0%). Terdapat hubungan yang signifikan kualitas pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Rachma Husada Bantul dengan keeratan hubungan sebesar (43,8%).

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Sujono Riyadi
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien
Subjects: Keperawatan > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan)
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 06 Nov 2017 02:28
Last Modified: 06 Nov 2017 02:28
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/2211

Actions (login required)

View Item View Item