PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP STATUS REGISTRASI PERAWAT DI RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL YOGYAKARTA

Anggi Istiqomah, - (2017) PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP STATUS REGISTRASI PERAWAT DI RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL YOGYAKARTA. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text
ANGGI ISTIQOMAH_2212113_FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
ANGGI ISTIQOMAH_2212113_pisah.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Harapan masyarakat terhadap terpenuhinya derajat kesehatan yang maksimal dan memuaskan di rumah sakit menjadi pekerjaan tersendiri bagi rumah sakit sebagai penyelenggara kesehatan. Pelayanan kesehatan akan dirasakan berkualitas oleh para pelanggan jika penyampaian dirasakan melebihi harapan para pengguna layanan kesehatan (Bustami, 2011). Kebutuhan pasien terhadap layanan kesehatan yang semakin kompleks akan menuntut pelayanan kesehatan yang profesional dalam mengatasi masalah ke-sehatan. Salah satu pelayanan kesehatan yang ada di Indonesia adalah pelayanan keperawatan. Pasien baru akan puas apabila kinerja layanan ke-sehatan yang diperolehnya sama atau melebihi harapannya dan sebaliknya, ketidakpuasan atau perasaan kecewa pasien akan muncul apabila kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya itu tidak sesuai dengan harapan (Sondakh, 2013). Tujuan: Untuk mengetahui perbedaan tingkat kepuasan pasien terhadap status registrasi perawat di RSUD Panembahan Senopati Bantul. Metode: Metode penelitian ini adalah deskriptif analitik korelasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional dan menggunakan tehnik purposive sampling. Responden pada penelitian ini berjumlah 37 orang perawat pelaksana dan 37 orang pasien di Bangsal Penyakit Dalam RSUD Panembahan Senopati. Pengambilan data menggunakan lembar observasi dan kuesioner kepuasan pasien yang kemudian dianalasis menggunakan independent t-test. Hasil: Hasl dalam penelitian ini adalah sebagian besar perawat memiliki status registrasi berdasarkan uji kompetensi sebanyak 28 orang (75,7%), dengan rata-rata responden memiliki nilai mean 58,86 yang berarti pasien merasa puas. Tidak terdapat perbedaan kepuasan pasien terhadap status registrasi perawat di RSUD Panembahan Senopati Bantul dengan nilai p-value sebesar 0,084 (p>0,05). Simpulan: Tidak terdapat perbedaan kepuasan pasien terhadap status registrasi perawat di RSUD Panembahan Senopati Bantul.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Debby Zulkarnain Rahardian Syah
Uncontrolled Keywords: Status Registrasi Perawat, Kepuasan Pasien
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan)
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 06 Nov 2017 02:55
Last Modified: 06 Nov 2017 02:55
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/2221

Actions (login required)

View Item View Item