GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU NIFAS TENTANG PUTING SUSU LECET DI RUANG NIFAS ALAMANDA RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL YOGYAKARTA

Meci Islamiah, - (2015) GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU NIFAS TENTANG PUTING SUSU LECET DI RUANG NIFAS ALAMANDA RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL YOGYAKARTA. UNSPECIFIED. (Unpublished)

[img] Text
Meci Islamiah_1112147_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Meci Islamiah_1112147_nonfull resize.pdf

Download (148kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Masalah yang timbul dalam menyusui adalah puting susu lecet, menurut Sulistyawati (2009), menunjukkan bahwa sekitar 57 % dari ibu yang menyusui dilaporkan pernah menderita puting susu lecet. Puting susu lecet dapat disebabkan oleh trauma saat menyusui, dapat pula terjadi retak dan pembentukan celah-celah. Kebanyakan puting susu lecet disebabkan oleh kesalahan dalam teknik menyusui yaitu bayi tidak menyusu sampai ke areola payudara sehingga puting susu tidak tepat berada dibawah langit-langit mulut bayi, selain itu posisi antara bayi dan ibu yang tidak tepat pula, retakan pada puting susu dapat sembuh sendiri dalam waktu 48 jam. Puting susu lecet terasa nyeri bila tidak ditanggani dengan benar, umumnya menyusui akan menyakitkan dan kadang-kadang mengeluarkan darah. Oleh karena itu, pentingnya peran petugas kesehatan untuk memberikan pengetahuan tentang puting susu lecet dan masalah-masalah menyusui yang lainnya perlu diperhatikan serta tepat untuk membantu ibu nifas dalam mengatasi masalah puting susu lecet, sehingga tidak menimbulkan masalah yang lebih serius. Tujuan: Mengetahui tingkat pengetahuan ibu nifas tentang puting susu lecet di RSUD Panembahan Senopati Bantul Yogyakarta. Metode: Penelitian ini mengunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif, dan rancangan penelitian ini menggunakan survei. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Populasi ibu nifas selama satu bulan rata-rata. Besar sampel sebanyak 61 orang ibu nifas di RSUD Panembahan Senopati Bantul Yogyakarta. Instrument penelitian dengan menggunakan kuesioner tertutup. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis univariat. Hasil: Dari analisa hasil penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan ibu nifas tentang puting susu lecet kategori kurang sebanyak 46 orang (75,4%), kategori cukup sebanyak 13 responden (21,3%), dan kategori baik sebanyak 2 responden (3,3%). Kesimpulan: Tingkat pengetahuan ibu nifas di RSUD Panembahan Senopati Bantul tentang puting susu lecet adalah kategori kurang (75,4%). Disarankan bagi ibu nifas untuk dijadikan sebagai evaluasi, sehingga ibu nifas termotivasi untuk menambah pengetahuan tentang puting susu lecet.

Item Type: Other
Additional Information: Dosen Pembimbing Endang Suprapti, S.ST., M.H
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Puting susu lecet, ibu nifas, Knowledge, Scratched nipples, Post partum mothers
Subjects: B Kebidanan (klasifikasi berdasar topik peminatan) > BN Nifas
Divisions: Program Studi > Prodi Kebidanan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 11 Nov 2016 04:58
Last Modified: 20 Nov 2017 01:49
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/246

Actions (login required)

View Item View Item