HUBUNGAN PERAN ORANGTUA DALAM MEMBIASAKAN PERILAKU DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK DI SD MUHAMMADIYAH PURWODININGRATAN 1 YOGYAKARTA

Vebriani Kamarullah, - and Afi Lutfiyati, - and Suwarno, - (2017) HUBUNGAN PERAN ORANGTUA DALAM MEMBIASAKAN PERILAKU DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK DI SD MUHAMMADIYAH PURWODININGRATAN 1 YOGYAKARTA. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text
Vebriani Kamarullah_2212028 Full-ilovepdf-compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Vebriani Kamarullah (2212082)nonfull.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak & Intisari)
Vebriani Kamarullah Abstrak.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Orangtua merupakan lembaga pendidikan pertama yang didapatkan oleh seorang anak. Orangtua berperan serta dalam mengasuh, mendidik, dan memperoleh informasi tentang perkembangan belajar anaknya. Peran orangtua dapat disimpulkan sebagai pendidik yang pertama dan paling utama, sedangkan guru disekolah merupakan pendidik setelah orangtua. Prestasi belajar pada anak akan meningkat, tidak hanya dengan melakukan proses belajar mengajar saja, akan tetapi dapat didukung dengan berbagai faktor, salah satunya penerapan kedisiplinan pada anak. Prestasi belajar anak akan meningkat mulai dari penerapan disiplin belajar di rumah. Tujuan: Mengetahui hubungan peran orangtua dalam membiasakan perilaku disiplin belajar dengan prestasi belajar pada anak di SD Muhammadiyah Purwodiningratan 1 Yogyakarta. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, rancangan penelitian ini menggunakan studi retrospektif dengan menggunakan pendekatan stratified random sampling dengan 37 responden. Uji statistik yang digunakan yaitu Kendall’s tau-c. Instrumen penelitian adalah kuesioner. Hasil: Berdasarkan penelitian diperoleh data mengenai peran orangtua dalam membiasakan perilaku disiplin belajar dengan kategori cukup sebanyak 20 (54,1%). Prestasi belajar pada anak di SD Muhammadiyah Purwodiningratan 1 Yogyakarta dengan kategori cukup sebanyak 19 (51,4%) dengan p-value 0,001<0,05. Kesimpulan: Ada hubungan yang signifikan antara peran orangtua dalam membiasakan perilaku disiplin belajar dengan prestasi belajar anak di SD Muhammadiyah Purwodiningratan 1 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1 :Afi Lutfiyati Dosen Pembimbing 2 :Suwarno
Uncontrolled Keywords: Peran orangtua, Disiplin belajar, Prestasi belajar.
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PK Keperawatan Komunitas dan Keluarga
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 12 Jul 2018 04:37
Last Modified: 12 Jul 2018 04:37
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/2485

Actions (login required)

View Item View Item