HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN : EKSTROVERT DAN INTROVERT DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA SEMESTER VIII PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN DI STIKES JENDERAL ACHMAD YANI YOGYAKARTA

Ika Desy Astuti, - (2015) HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN : EKSTROVERT DAN INTROVERT DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA SEMESTER VIII PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN DI STIKES JENDERAL ACHMAD YANI YOGYAKARTA. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakara.

[img]
Preview
Text
Ika Desy Astuti_3211104_nonfull.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Ika Desy Astuti_3211104_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Latar Belakang: Di era globalisasi yang ditandai dengan persaingan dalam lembaga pendidikan, maka lembaga pendidikan dituntut untuk menunjukkan kinerja dan pelayanan yang semakin baik. Pendidikan adalah suatu proses yang terdiri dari input, yaitu sasaran pendidikan, dan output yaitu suatu bentuk perilaku baru dari sasaran pendidikan. Proses tersebut dipengaruhi oleh kurikulum, pendidik, metode pembelajaran, serta perubahan perilaku yang secara operasional yang meliputi 3 aspek, yaitu aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotor. Mahasiswa dalam hubungannya dengan dunia pendidikan merupakan salah satu substansi yang perlu diperhatikan, karena mahasiswa merupakan penerjemah terhadap ilmu pengetahuan, dan sebagai pelaksana tugas dalam ilmu pengetahuan. Kualitas mahasiswa dapat dilihat melalui prestasi akademik yang diraihnya. Motivasi belajar masing-masing individu pasti berbeda-beda yang dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yang salah satunya adalah kepribadian. Kepribadian merupakan suatu pola sifat dan karakteristik tertentu yang relatif permanen pada diri dan perilaku seseorang. Tujuan Penelitian: Mengetahui hubungan tipe kepribadian ekstrovert dan introvert dengan motivasi belajar pada mahasiswa semester VIII Program Studi Ilmu Keperawatan di Stikes Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah penelitian non-eksperimental dengan rancangan penelitian cross sectional, menggunakan metode kuantitatif dan bersifat deskriptif korelasi. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Jumlah sampel yang digunakan adalah 51 responden. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan Coefficient Contingency, dengan tingkat kemaknaan p<0,05. Hasil uji Coefficient Contingency, diperoleh nilai p value 0,024. Kesimpulan:Adanya hubungan yang signifikan antara tipe kepribadian ekstrovert dan introvert dengan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1 :Deby Zulkarnain Rahadian Syah Dosen Pembimbing 2 :Khristina Dias Utami
Uncontrolled Keywords: Tipe Kepribadian, Motivasi Belajar
Subjects: Keperawatan > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan)
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 22 Nov 2017 02:40
Last Modified: 22 Nov 2017 02:40
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/2625

Actions (login required)

View Item View Item