HUBUNGAN PELAYANAN HEMODIALISA DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN YANG MENJALANI HEMODIALISA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH WATES

Maria Esti Rahayu, - and Sri Arini Winarti, - and Masta Hutasoit, - (2013) HUBUNGAN PELAYANAN HEMODIALISA DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN YANG MENJALANI HEMODIALISA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH WATES. Strata 1 thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text
Maria Esti Rahayu _32115005_full (NXPowerLite Copy).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Maria Esti Rahayu _32115005_nonfull-ilovepdf-compressed.pdf

Download (617kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang :Pasien dengan Gagal Ginjal kronik semakin lama semakin bertambah, dan untuk mempertahankan hidupnya lebih lama dan berkualitas dengan hemodialisa (cuci darah), maka dari itu Instalasi Hemodialisa RSUD Wates dituntut untuk selalu meningkatkan pelayanan hemodialisa untuk mewujudkan kepuasan pasien Tujuan : Untuk mengetahui hubungan pelayanan hemodialisa dengan tingkat kepuasan pasien yang menjalani hemodialisa di RSUD Wates Metode : Penelitian ini merupakan studi non-eksperimental dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling dengan subyek penelitian sejumlah 25 responden, instrument berupa checklist pelayanan hemodialisa dan kuisioner kepuasan pasien yang sudah baku Hasil : Persepsi Pelayanan hemodialisa menunjukkan sebagian besar adalah baik sebanyak 84%. Tingkat Kepuasan Pasien menunjukkan sebagian besar pasien puas terhadap pelayanan hemodialisa sebanyak 84%. Hubungan Pelayanan Hemodialisa dengan Tingkat Kepuasan Pasien, menunjukkan bahwa dari hasil uji Kendall Tau diperoleh p-value sebesar 0,040, dengan keeratan hubungan adalah kuat, hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,702, sehingga semakin baik pelayanan yang diberikan maka pasien semakin puas Kesimpulan : Terdapat hubungan yang kuat dan signifikan antara pelayanan hemodialisa dengan tingkat kepuasan pasien. Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan hemodialisa, sehingga dapat memberikan kepuasaan pada pasien yang menjalani hemodialisa di RSUD Wates Saran : Perawat hendaknya mempertahankan pelayanan yang diberikan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur

Item Type: Thesis/Skripsi (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Hemodialisa,Kepuasan Pasien
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PR Keperawatan Gawat Darurat dan Kritis
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2017 06:47
Last Modified: 13 May 2019 07:36
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/2655

Actions (login required)

View Item View Item