GAMBARAN PENGETAHUAN IBU NIFAS TENTANG INFEKSI MASA NIFAS DI RS PKU MUHAMMADIYAH BANTUL YOGYAKARTA

Noviana Hesti Wahyuni, - (2015) GAMBARAN PENGETAHUAN IBU NIFAS TENTANG INFEKSI MASA NIFAS DI RS PKU MUHAMMADIYAH BANTUL YOGYAKARTA. Diploma thesis, STIKES Jenderal A. Yani Yogyakarta.

[img] Text
Noviana Hesti Wahyuni_1112032_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Noviana Hesti Wahyuni_1112032_nonfull resize.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Masa nifas dimulai setelah 2 jam lahirnya plasenta. Perlukaan jalan lahir merupakan perlukaan yang rentan terjadinya infeksi masa nifas. Untuk mencegah terjadinya infeksi perlu perhatian khusus, terutama di hari pertama postpartum harus dijaga agar luka tidak dimasuki kuman. Penanganan komplikasi yang lambat dapat menyebabkan kematian ibu nifas mengingat kondisi ibu yang masih lemah. Mengatasi infeksi seharusnya dengan pengetahuan yang baik. Studi pendahuluan yang dilakukan di RSU PKU Muhammadiyah Bantul Yogyakarta pada tanggal 26 januari 2015 dengan menggunakan 5 pertanyaan diperoleh data dari 10 ibu nifas, 8 ibu nifas atau (80%) yang tidak mengetahui tentang infeksi masa nifas. Tujuan: Mengetahui gambaran pengetahuan ibu nifas tentang infeksi masa nifas di Rumah Sakit Umum PKU Muhammadiyah Bantul Yogyakarta tahun 2015. Metode: Jenis penelitian ini Deskriptif Kuantitatif, teknik pengambilan sampel accidental sampling, penelitian dilakukan di RSU PKU Muhammadiyah Bantul Yogyakarta, pada tanggal 23-05 Agustus 2015 dengan 32 ibu nifas yang dirawat di RSU PKU Muhammadiyah Bantul Yogyakarta. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner tertutup, teknik analisis dengan deskriptif. Hasil: Gambaran pengetahuan ibu nifas tentang infeksi masa nifas dari 32 responden penelitian didapatkan dengan kategori baik 9 reponden (28.1%), cukup 17 responden (68.8%), kurang 1 responden (3.1%). Kesimpulan: Tingkat pengetahuan ibu nifas tentang infeksi masa nifas di RSU PKU Muhammadiyah Bantul Yogyakarta sebagian besar dalam kategori cukup, karena sebagian besar kurang mendapatkan informasi tentang infeksi masa nifas dikarenakan sebagian ibu hanya memiliki pendidikan SMA dan tidak bekerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Dosen Pembimbing Grhasta Dian Perestroika, S.ST, M.Kes
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Ibu Nifas, Infeksi Masa Nifas, Awareness, parturition Mothers, Parturition Infection
Subjects: B Kebidanan (klasifikasi berdasar topik peminatan) > BN Nifas
Divisions: Program Studi > Prodi Kebidanan
Depositing User: Tati Adityanti
Date Deposited: 17 Nov 2016 07:53
Last Modified: 20 Nov 2017 05:44
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/268

Actions (login required)

View Item View Item