PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA YANG MENGGUNAKAN SISTEM KBK DENGAN NON-KBK DI STIKES JENDERAL ACHMAD YANI YOGYAKARTA

Diah Permatahati, - (2015) PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA YANG MENGGUNAKAN SISTEM KBK DENGAN NON-KBK DI STIKES JENDERAL ACHMAD YANI YOGYAKARTA. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text
Diah Permatahati_3211131_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Diah Permatahati_3211131_nonfull.pdf

Download (630kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Kurikulum yang diterapkan di Negara Indonesia mengalami beberapa perubahan dan penyempurnaan, salah satunya adalah perubahan dari Kurikulum Tingkat Satuan Penddidikan (KTSP) menjadi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun, dikembangkan, dan dilaksanakan setiap satuan pendidikan yang sudah siap dan mampu mengembangkannya, sedangkan KBK adalah seperangkat rencana dan pengaturan tentang kompetensi dan hasil belajar yang harus dicapai oleh peserta didik, penilaian, kegiatan belajar mengajar, dan pemberdayaan sumber daya. Perubahan penerapan kurikulum di Indonesia ditujukan untuk mengikuti perkembangan jaman, agar nantinya setelah lulus para peserta didik dapat bekerja dengan baik dalam taraf nasional maupun internasional. Stikes Jenderal Achmad Yani Yogyakarta mengalami perubahan kurikulum dari KTSP menjadi KBK yang mulai diterapkan kepada mahasiswa tahun ajaran 2014/2015. Perbedaan penerapan kurikulum KTSP pada mahasiswa tahun ajaran 2011/2012, 2012/2013, 2013/2014 dan penerapan kurikulum KBK pada mahasiswa tahun ajaran 2014/2015 mempengaruhi perolehan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa. Tujuan Penelitian: Mengetahui perbedaan antara prestasi belajar mahasiswa yang menggunakan sistem KBK dan Non-KBK (KTSP) di Stikes Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. Metode Penelelitian: Rancangan penelitian ini adalah Cross Sectional. Jumlah sampel yang digunakan adalah 145 responden mahasiswa keperawatan, terdiri dari semester 2, 4, 6, dan 8. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan analisis bivariat menggunakan T-test Independen dengan tingkat kemaknaan p < 0,05. Hasil: Ada perbedaan IPK yang signifikan antara mahasiswa yang menggunakan sistem KBK dan mahasiswa yang menggunakan sistem Non-KBK (p = 0,000). Rata-rata IPK mahasiswa yang menggunakan sistem Non-KBK lebih tinggi 0,4 daripada rata-rata mahasiswa yang menggunakan sistem KBK. Kesimpulan: Perbedaan penerapan kurikulum di Stikes Jenderal Achmad Yani Yogyakarta mengakibatkan perbedaan dalam pencapaian IPK. Pada mahasiswa yang menggunakan sistem Non-KBK mendapatkan rata-rata IPK lebih tinggi daripada mahasiswa yang menggunakan sistem KBK.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Rahayu Iskandar, S.Kep., Ns., M.Kep Dosen Pembimbing 2: Latifah Susilowati, S.Kep., Ns
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Berbasis Kompetensi, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Prestasi belajar
Subjects: Keperawatan > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan)
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 24 Nov 2017 04:33
Last Modified: 24 Nov 2017 04:33
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/2685

Actions (login required)

View Item View Item