GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU NIFAS TENTANG DIET SAAT MENYUSUI DI RS PKU MUHAMMADIYAH BANTUL YOGYAKARTA PADA BULAN JULI 2015

Chindy Puspita Dewi, - (2015) GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU NIFAS TENTANG DIET SAAT MENYUSUI DI RS PKU MUHAMMADIYAH BANTUL YOGYAKARTA PADA BULAN JULI 2015. Diploma thesis, STIKES Jenderal A. Yani Yogyakarta.

[img] Text
Chindy Puspita Dewi_1112123_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Chindy Puspita Dewi_1112123_nonfull resize.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Selama masa laktasi, wanita mengalami peningkatan berat badan yang optimal, maka banyak ibu yang mengurangi makanannya sehingga mengganggu produksi ASI. Diet selama menyusui boleh saja dilakukan, tetapi harus dilakukan dengan perlahan, diet diperlukan untuk mempertahankan tubuh terhadap infeksi, mencegah konstipasi dan untuk memulai proses pemberian ASI eksklusif. Pengetahuan tentang diet ini sangat penting untuk ibu nifas yang ingin melakukan diet untuk menghindari kekurangan gizi pada masa nifas dan menyusui. Hasil dari study pendahuluan menunjukkan bahwa ternyata di RS PKU Muhammadiyah Bantul banyak ibu nifas yang belum mengetahui tentang pentingnya diet saat menyusui. Tujuan : Diketahuinya tingkat pengetahuan ibu nifas tentang diet saat menyusui pada bulan Juli tahun 2015 di RS PKU Muhammadiyah Bantul Yogyakarta. Metode : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan pendekatan survey. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 58 orang ibu nifas. Teknik pengambilan yaitu dengan accidental sampling, sampel yang diambil berjumlah 35 ibu nifas. Data penelitian yaitu data primer dengan menggunakan instrument penelitian berupa kuesioner dan analisa data menggunakan analisis univariat. Hasil Penelitian : Tingkat pengetahuan ibu nifas tentang pengertian diet dalam kategori baik sebanyak 16 orang (45,7%), tentang pengertian diet seimbang sebanyak 31 orang (88,6%), tentang diet yang benar saat menyusui sebanyak 20 orang (57,1%), tentang tujuan diet dalam kategori kurang sebanyak 23 orang (65,7%), tentang prinsip diet sebanyak 22 orang (62,9%), tentang syarat diet dalam kategori baik sebanyak 14 orang (40,0%), tentang manfaat diet dalam kategori kurang sebanyak 22 orang (62,9%). Kesimpulan : Hasil penelitian tingkat pengetahuan ibu nifas tentang diet saat menyusui di RS PKU Muhammadiyah dalam kategori cukup yaitu sebanyak 20 ibu nifas (57,1%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Dosen Pembimbing Elvika Fit Ari Shanty, S.ST.,M.Kes
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Diet Menyusui, Ibu Nifas, Knowledge Diet of Breastfeeding, Postpartum Mothers
Subjects: B Kebidanan (klasifikasi berdasar topik peminatan) > BN Nifas
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Kebidanan
Depositing User: Tati Adityanti
Date Deposited: 17 Nov 2016 08:07
Last Modified: 20 Nov 2017 06:03
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/269

Actions (login required)

View Item View Item