HUBUNGAN INTENSITAS MENONTON TELEVISI TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DI KELAS V DAN VI SD PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA

Sri Sinto Wati, - (2015) HUBUNGAN INTENSITAS MENONTON TELEVISI TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DI KELAS V DAN VI SD PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text
Sri Sintowati_3211050_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Sri Sintowati_3211050_nonfull.pdf

Download (446kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Televisi merupakan salah satu teknologi yang memiliki pengaruh besar diberbagai kalangan, salah satunya anak usia sekolah. Televisi mempunyai dampak positif dan negatif. Dampak positif dari menonton televisi adalah mengambil manfaat berupa pengetahuan dari televisi sehingga mempengaruhi prestasi belajar siswa. Dampak negatif yang ditimbulkan dari menonton televisi adalah berkurangnya jam belajar anak. Sehingga dapat berpengaruh terhadap prestasinya. Tujuan penelitian: Mengetahui ada tidaknya hubungan intensitas menonton televisi terhadap prestasi belajar anak sekolah di SD Piyungan. Metode Penelitian: Rancangan penelitian ini adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Jumlah responden penelitian adalah sebanyak 86 siswa dari kelas V dan VI. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner berupa jadwal tayangan yang ditonton oleh siswa untuk menentukan intensitas menonton televisi dan ulangan harian untuk menentukan prestasi belajar siswa. Uji hipotesis penelitian menggunakan korelasi Pearson Product Moment. Hasil: Untuk uji deskriptif variabel intesitas menonton televisi didapatkan nilai rata-rata 1802.00 menit, nilai minimum 750.00 menit, nilai maksimum 2760.00 menit dan standar devisiasi 550.39 sedangkan untuk variabel prestasi belajar anak sekolah didapatkan nilai rata-rata sebesar 80.94 nilai minimum 70, nilai maksimum 97.50 dan standar devisiasi 4.80 Hasil uji statistik koefisiensi korelasi sebesar 0,038 (ρ=0,05). Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan terdapat hubungan signifikan antara intensitas menonton televisi terhadap prestasi belajar anak walaupun keeratan hubungannya sangat lemah (-.125). Kesimpulan: Semakin banyak waktu yang digunakan anak untuk menonton televisi maka akan berdampak pada penurunan prestasi belajar siswa tersebut.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Rahayu Iskandar M.,Kep Dosen Pembimbing 2: Novita Nirmalasari S.Kep.,Ns
Uncontrolled Keywords: Intensitas menonton televisi, prestasi belajar, siswa
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PA Keperawatan Anak
P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PK Keperawatan Komunitas dan Keluarga
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 24 Nov 2017 08:43
Last Modified: 24 Nov 2017 08:43
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/2698

Actions (login required)

View Item View Item