HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA

Arifatul Aini, - (2010) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text
Arifatul Aini_3206025_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Arifatul Aini_3206025_nonfull.pdf

Download (829kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Kecerdasan emosional merupakan salah satu faktor yang berpengaruh bagi siswa dalam meraih prestasi belajar yang baik. Siswa yang mempunyai prestasi belajar yang tinggi namun kecerdasan emosionalnya kurang maka siswa tersebut akan mengalami kesulitan dalam belajar. Faktor yang mempengaruhi prestasi belajar bukan hanya dari IQ yang hanya menyumbang 20% dalam keberhasilan hidup seseorang, sedangkan 80% adalah sumbangan dari faktor lain termasuk kecerdasan emosional. Prestasi belajar siswa SMP negeri 1 Kasihan Bantul Yogyakarta terutama siswa kelas VIII menunjukkan nilai murni hasil ujian akhir semester siswa masih banyak nilai ratarata kurang dari 6,5 dan masih terdapat siswa yang membolos, tidak mengerjakan tugas dari guru dengan baik dan kenakalan yang lain. Tujuan : Untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kasihan Bantul Yogyakarta. Metode : Penelitan ini termasuk penelitian non eksperimental dengan pendekatan Cross Sectional. Sampel diambil secara purposive sampling yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kasihan Bantul Yogyakarta sebanyak 70 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi nilai murni siswa setelah ujian akhir semester. Uji statistik menggunakan uji Spearman Rank dengan taraf signifikan p < 0,05. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni-Juli 2010 di SMP Negeri 1 Kasihan Bantul Yogyakarta. Hasil : Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional sebagian besar siswa dalam kategori sedang yaitu 60 responden (85,71%), sedangkan prestasi belajar sebagian siswa dalam kategori sedang yaitu 46 responden (65,71%). Hasil uji statistik menunjukkan nilai rxy = -0,012 dan p=0,921 dengan tingkat kesalahan 5%, maka dapat diketahui bahwa nilai p>0,05. Kesimpulan : Terjadi penolakan Ha dan terjadi penerimaan Ho dengan kata lain tidak terdapat hubungan atau korelasi antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kasihan Bantul Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Shanti Wardaningsih Dosen Pembimbing 2: Fajriyati Nur Azizah
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar.
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PA Keperawatan Anak
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 28 Nov 2017 06:21
Last Modified: 28 Nov 2017 06:21
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/2723

Actions (login required)

View Item View Item