Dewi Murni Sulistiawati, - and Rahayu Iskandar, - (2018) HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG ARAFAH RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Post-Doctoral thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
![]() |
Text
SKRIPSI (DEWI MURNI SULISTIAWATI_2214078).pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
![]() |
Text
NASKAH PUBLIKASI (DEWI MURNI SULISTIAWATI_2214078).pdf Restricted to Registered users only Download (560kB) |
|
|
Text (Intisari & Abstrak)
SKRIPSI (DEWI MURNI SULISTIAWATI_2214078.pdf Download (45kB) | Preview |
Abstract
Latar Belakang: Dalam upaya peningkatan pelayanan keperawatan, dilakukan perilaku caring perawat. Caring adalah daya utama dalam hubungan antara perawat dan klien, daya untuk melindungi dan meningkatkan harga diri klien. Pasien sebagai pengguna jasa pelayanan keperawatan menuntut pelayanan keperawatan sesuai dengan haknya, yakni pelayanan keperawatan yang bermutu dan paripurna. Pasien akan mengeluh bila perilaku caring yang dirasakan tidak memberikan nilai kepuasan bagi dirinya. Tujuan: Mengetahui hubungan perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien di Ruang Arafah RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Metode: Jenis penelitian ini adalah correlational studies dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah 63 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil: Perilaku caring perawat terhadap persepsi pasien dengan kategori caring, yaitu sebanyak 39 responden (61,9%), kepuasan pasien terhadap pelayanan keparawatan dalam kategori puas, yaitu sebanyak 40 responden (63,5%), rentang umur responden 52 tahun, lama hari rawat inap 5 hari, dengan tingkat pendidikan SD sebanyak 25 responden (39,7%), dan jenis kelamin sebanyak 58 (92,1%). Berdasarkan uji korelasi gamma di dapatkan p-value 0.000 lebih kecil dari 0.05 maka hipotesis Ha diterima yang berarti ada hubungan antara perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien. Selanjutnya didapatkan nilai r hitung 0,861 yang berarti memiliki hubungan yang sangat kuat. Kesimpulan: Ada hubungan yang signifikan antara perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien di Ruang Arafah. Kata Kunci: Perilaku Caring Perawat, Kepuasan Pasien.
Item Type: | Thesis (Post-Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku Caring Perawat, Kepuasan Pasien |
Subjects: | Keperawatan > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan) |
Divisions: | Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Erna Fitri Widayati |
Date Deposited: | 19 Nov 2018 02:41 |
Last Modified: | 14 Dec 2018 01:37 |
URI: | http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/2795 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |