HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV DAN V DI SD MUHAMMADIYAH TAMANTIRTO YOGYAKARTA

Juli Anzari Farizan K, - and Deby Zulkarnain Rahadian Syah, - (2018) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV DAN V DI SD MUHAMMADIYAH TAMANTIRTO YOGYAKARTA. Post-Doctoral thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text (Skripsi Full)
JULI ANZARI FARIZAN K_2214098_Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Naskah Publikasi)
JULI ANZARI FARIZAN_2214098_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img]
Preview
Text (Intisari & Abbstrak)
JULI ANZARI FARIZAN K_Abstrak.pdf

Download (203kB) | Preview
Official URL: http://www.unjaya.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Anak yang mendapatkan pola asuh tidak tepat dari orang tua akan berpengaruh buruk terhadap prestasi belajarnya, anak menjadi kurang bertanggung jawab, dimana anak akan sering membolos sekolah, tidak ada inisiatif untuk belajar dan bersikap acuh terhadap tugas yang diberikan. Prestasi belajar anak tidak luput dari peran orang tua, karena pola asuh yang di berikan oleh orangtua dapat mempengaruhi prestasi belajar anak. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orangtua dengan prestasi belajar siswa anak kelas IV dan V di SD Muhammadiyah Tamantirto Yogyakarta. Metode Penelitian : Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif non-eksperiment dengan metode cross sectional. Uji statistik dengan menggunakan contingency coefficient. Sampel penelitian ini sebanyak 54 responden. Teknik sampling yang digunakan yaitu total sampling. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner pola asuh dan nilai rata-rata raport semester 1. Hasil : Berdasarkan penelitian diperoleh data sebagian besar pola asuh orangtua adalah demokratis sebanyak 17 orang (31,5%). Prestasi belajar siswa kelas IV dan V memiliki kategori baik sebanyak 32 orang (59,3%). Hasil uji contingency coefficient didapatkan p-value sebesar 0,039 < 0,05 dengan korelasi koefisien 0,366. Kesimpulan : Pola asuh demokratis mempengaruhi hasil prestasi belajar siswa kelas IV dan V dalam kategori baik. Kata Kunci : Pola asuh, Prestasi belajar

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Pola asuh, Prestasi belajar, SD Muhammadiyah Tamantirto
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PK Keperawatan Komunitas dan Keluarga
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Erna Fitri Widayati
Date Deposited: 14 Dec 2018 04:17
Last Modified: 14 Dec 2018 04:17
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/2835

Actions (login required)

View Item View Item