HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP KELAS III RS PKU MUHAMMADIYAH BANTUL

Davied Imam Fauzy, - and Deby Zulkarnain Rahadian Syah, - (2018) HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP KELAS III RS PKU MUHAMMADIYAH BANTUL. Post-Doctoral thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text (Skripsi Full)
DAVIED IMAM FAUZY_2214108_Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Naskah Publikasi)
DAVIED IMAM FAUZY_2214108_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[img]
Preview
Text
DAVIED IMAM FAUZY_Abstrak.pdf

Download (412kB) | Preview
Official URL: http://www.unjaya.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Komunikasi terapeutik adalah komunikasi yang direncanakan secara sadar antara perawat dan pasien, kegiatannya dipusatkan untuk kesembuhan pasien. Puas adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan hasil yang dirasakan dengan harapannya. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti didapatkan 3 pasien mengeluhkan bahwa perawat tidak sabar dalam memberikan penjelasan dan perawat tidak memberitahukan tindakan apa yang akan dilakukan pada pasien. Terdapat 2 pasien yang merasa puas dengan pelayanan yang diberikan, menurut mereka perawat sudah menangani masalah keperawatan dengan baik dan profesional. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui hubungan antara komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap kelas III RS PKU Muhammadiyah Bantul. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dalam bentuk korelasi dengan pendekatan cross secional. Sampel diambil menggunakan teknik unstratified random sampling sebanyak 31 pasien di ruang rawat inap kelas III RS PKU Muhammadiyah Bantul. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Data penelitian dianalisis dengan uji somer’s Hasil penelitian : Hasil uji Somer’s hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap kelas III RS PKU Muhammadiyah Bantul diperoleh p-value=0,003 dengan r=0,732. Kesimpulan : Semakin baik komunikasi terapeutik yang dilakukan oleh perawat maka semakin tinggi nilai kepuasan pasien. Kata kunci : komunikasi terapeutik, kepuasan pasien

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Uncontrolled Keywords: komunikasi terapeutik, kepuasan pasien
Subjects: Keperawatan > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan)
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Erna Fitri Widayati
Date Deposited: 14 Dec 2018 04:52
Last Modified: 14 Dec 2018 04:53
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/2837

Actions (login required)

View Item View Item