HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEPERCAYAAN DIRI REMAJA KELAS I & II DI SMA PGRI 1 KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA

Nanang Setiawan, - and Sujono Riyadi, - (2018) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEPERCAYAAN DIRI REMAJA KELAS I & II DI SMA PGRI 1 KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA. Post-Doctoral thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text (Skripsi Full)
skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Naskah Publikasi)
Naskah publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img]
Preview
Text (Intisari & Abstrak)
Nanang_Abstrak.pdf

Download (12kB) | Preview
Official URL: http://www.unjaya.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Pola asuh yang diterapkan orang tua dengan cara mendukung kegiatan remaja, menetapkan peraturan yang disertai penjelasan, memberikan kepercayaan agar remaja bertanggung jawab, menyediakan waktu untuk berkomunikasi, memberikan perkataan positif, akan membuat remaja lebih dewasa, percaya diri dan berhasil mencapai cita-citanya. Tujuan Penelitian : Mengetahui arah dan keeratan hubungan pola asuh orang tua dengan kepercayaan diri remaja di SMA PGRI 1 Kasihan Bantul. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional dengan teknik Total Sampling. Subjek penelitian ini sebanyak 32 sample. Responden penelitian ini adalah siswa dan siswi SMA PGRI 1 Kasihan Bantu. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner pola asuh dan kuesioner kepercayaan diri. Analisis statistik menggunakan uji lamda. Hasil Penelitian: penelitian ini menunjukan bahwa sebagian besar responden yang mendapatkan pola asuh demokratis sebagian besar memiliki kepercayaan diri dalam kategori tinggi yaitu sebanyak 7 responden (21,9%), responden yang mendapatkan pola asuh permisif 4 responden (12,5%) memiliki kepercayaan diri sedang, responden yang mendapatkan pola asuh univolved sebagian besar memilki kepercayaan diri dalam kategori sedang yaitu sebanyak 5 responden (15,6%) dan yang mendapatkan pola asuh otoriter sebanyak 9 responden (28,1%) memiliki kepercayaan diri rendah. Pola asuh orang tua dinyatakan berhubungan secara statistik dengan kepercayaan diri siswa ditunjukan dengan hasil uji statistik diperoleh nilai p Value 0,010 (p<0,05). Hasil dari analisis hubungan antara pola asuh orang tua dengan kepercayaan diri siswa menunjukan arah korelasi yang positif dan keeratan hubungan yang kuat (0,715). Kesimpulan dan Saran: Ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan kepercayaan diri siswa/siswi di SMA PGRI 1 Kasihan Bantul Yogyakarta. Keluarga diharapkan untuk tetap memberikan pembelajaran yang baik pada anak dan selalu mendukung anak seperti yang di terapkan dalam pola asuh demokratis dan permisif. Kata Kunci: pola asuh, kepercayaan diri

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Uncontrolled Keywords: pola asuh, kepercayaan diri
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PK Keperawatan Komunitas dan Keluarga
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Erna Fitri Widayati
Date Deposited: 17 Dec 2018 07:39
Last Modified: 17 Dec 2018 07:39
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/2871

Actions (login required)

View Item View Item