STANDAR PELAYANAN MINIMAL WAKTU PENYEDIAAN DOKUMEN REKAM MEDIS PELAYANAN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT TK. II 04. 05. 01 DR. SOEDJONO MAGELANG TAHUN 2018

Siska Suci Nilam Sari, - and Kori Puspita Ningsih, - (2018) STANDAR PELAYANAN MINIMAL WAKTU PENYEDIAAN DOKUMEN REKAM MEDIS PELAYANAN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT TK. II 04. 05. 01 DR. SOEDJONO MAGELANG TAHUN 2018. Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. (Unpublished)

[img] Text (KTI)
Siska Suci Nilam Sari_1315021_Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text (NASPUB)
Naskah Publikasi_Siska Suci Nilam Sari_1315021.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text (INTISARI)
Siska Suci Nilam Sari_INTISARI.pdf

Download (86kB) | Preview
Official URL: http://www.unjaya.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Standar pelayanan minimal rumah sakit harus dijalankan dengan memberikan pelayanan yang baik kepada pasien, salah satunya dalam waktu penyediaan dokumen rekam medis. Berdasarkan studi pendahuluan di Rumah Sakit TK. II 04.05.01 Dr. Soedjono Magelang dengan jumlah sampel 60 dokumen rekam medis rawat jalan baru dan lama. Waktu penyediaan dokumen rekam medis rawat jalan lama masih mengalami keterlambatan ≥ 10 menit sebesar 50%, sedangkan kebijakan yang di tetapkan di rumah sakit yaitu ≤ 10 menit. Tujuan : Mengetahui pelaksanaan standar pelayanan minimal waktu penyediaan dokumen rekam medis rawat jalan Metode : Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Rancangan penelitian studi kasus. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian petugas pendaftaran, petugas filing dan kepala rekam medis. Objek penelitian dokumen rekam medis. Hasil : Waktu penyediaaan dokumen rekam medis rawat jalan yang memenuhi ≤ 10 menit sebesar 32% (32 dokumen rekam medis dari 100) dan yang tidak memenuhi ≤ 10 menit sebesar 68% (68 dokumen rekam medis dari 100). Keterlambatan disebabkan kurangnya sumber daya manusia bagian filing, jarak antar ruang filing dan klinik rumah sakit cukup jauh, dokumen rekam medis tidak ditemukan. Kesimpulan : Sesuai dengan ketentuan waktu penyediaaan dokumen rekam medis rawat jalan, sebesar 32% memenuhi standar pelayanan minimal. Faktor penyebab keterlambatan waktu penyediaaan dokumen rekam medis rawat jalan dikarenakan kurangnya petugas bagian filing, jarak antar ruang filing dan klinik rumah sakit cukup jauh, dokumen rekam medis tidak ditemukan.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Standar Pelayanan Minimal, Waktu Penyediaan, Dokumen Rekam Medis
Subjects: Perekam Medis & Informasi Kesehatan > RU Manajemen Unit Kerja Rekam Medis
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Perekam Medis dan Informasi Kesehatan
Depositing User: Erna Fitri Widayati
Date Deposited: 17 Jan 2019 03:56
Last Modified: 17 Jan 2019 03:56
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/2933

Actions (login required)

View Item View Item