GAMBARAN PENGETAHUAN GANGGUAN MENSTRUASI PADA PENGGUNA KB SUNTIK 3 BULAN DI KLINIK PRATAMA BINA SEHAT KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA

Endah Dwi Lestari, - (2015) GAMBARAN PENGETAHUAN GANGGUAN MENSTRUASI PADA PENGGUNA KB SUNTIK 3 BULAN DI KLINIK PRATAMA BINA SEHAT KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA. Diploma thesis, STIKES Jenderal A. Yani Yogyakarta.

[img] Text
Endah Dwi Lestari_1112086_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Endah Dwi Lestari_1112086_nonfull resize.pdf

Download (183kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Terdapat banyak KB yang diminati oleh masyarakat salah satunya adalah KB suntik. Metode suntik mempunyai angka kegagalan secara teori 0,25 % dan secara praktek 3-5 %, dan efek samping berat badan bertambah, sakit kepala, efek pada sistem kardiovaskuler, gangguan pola haid yang paling sering terjadi dan biasanya menjadi sebab utama dari penghentian penggunaan kontrasepsi suntikan. Gangguan menstruasi tersebut dapat berupa amenorhoe, menoragia, atau muncul bercak/spotting dan terkait pula dengan siklus menstruasi, lama menstruasi,dan nyeri haid. Hasil wawancara yang dilakukan terhadap 10 orang akseptor KB suntik diketahui bahwa 6 akseptor KB tidak mengetahui mengenai gangguan menstruasi yang dialami oleh akseptor KB suntik sedangkan 4 orang lainnya mengetahui mengenai gangguan menstruasi pada akseptor KB suntik Tujuan: Diketahuinya gambaran pengetahuan gangguan menstruasi pada akseptor KB suntik 3 bulan di Klinik Pratama Bina Sehat Kasihan Bantul Yogyakarta Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, menggunakan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan di Klinik Pratama Bina Sehat Kasihan Bantul Yogyakartapada Bulan Juli 2015. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh akseptor KB suntik 3 bulan di Klinik Pratama Bina Sehat Kasihan Bantul Yogyakarta berjumlah 35 orang akseptor KB dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Analisa data yang digunakan adalah analisa univariat. Hasil: Sebagian besar responden yang menggunakan KB suntik 3 bulan adalah responden yang berumur 20-35 tahun (68,6%), berpendidikan menengah (54,3%), tidak bekerja (57,1%) dan memakai KB suntik 3 bulan selama 2-3 tahun (51,4%).Sebagian besar responden yang menggunakan KB suntik 3 bulan mengalami gangguan menstruasi berupa menstruasi yang sedikit (71,4%), memiliki pola haid tidak teratur (62,9%) dan memiliki pengetahuan tentang gangguan menstruasi pada kategori cukup (42,9%). Kesimpulan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan tentang gangguan menstruasi pada akseptor KB suntik3 bulanadalah cukup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Dosen Pembimbing Endang Rostiati, S.ST, M.Kes
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Gangguan Mestruasi, Knowledge, Menstrual Disorders
Subjects: Kebidanan > BB Keluarga Berencana(KB)
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Kebidanan
Depositing User: Perpustakaan Unjaya
Date Deposited: 18 Nov 2016 04:35
Last Modified: 21 Nov 2017 02:47
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/295

Actions (login required)

View Item View Item