GAMBARAN PENGETAHUAN REMAJA TENTANG PIK-R ( PUSAT INFORMASI DAN KONSELING REMAJA) DALAM MENCEGAH PERNIKAHAN DINI DI DUSUN PRINGGOLAYAN BANGUNTAPAN BANTUL

Anindyka Intan Ayudya Rahmawati, - (2016) GAMBARAN PENGETAHUAN REMAJA TENTANG PIK-R ( PUSAT INFORMASI DAN KONSELING REMAJA) DALAM MENCEGAH PERNIKAHAN DINI DI DUSUN PRINGGOLAYAN BANGUNTAPAN BANTUL. Kebidanan, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Anindyka Intan A_1113176_nonfull resize.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text
Anindyka Intan A_1113176_full (NXPowerLite Copy).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Pada tahun 2014 jumlah pernikahan dini meningkat di kabupaten Bantul. Jumlah kasus penikahan dini di kabupaten Bantul tercatat sebesar 156 kasus. PIK-R adalah Pusat Informasi dan Konseling Remaja, merupakan program untuk remaja yang bertujuan menurunkan angka pernikahan dini. Dari hasil studi pendahuluan yang dilakukan di Dusun Pringgolayan, terdapat 3 remaja yang melakukan pernikahan dini. Tujuan: Diketahuinya Gambaran Pengetahuan Remaja Tentang PIK-R Dalam Mencegah Pernikahan Dini di Pringgolayan, Banguntapan, Bantul. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sampelnya adalah 48 remaja putra dan putri berumur 14-19 tahun. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar kuesioner. Metode pengambilan sample adalah Total Sampling. Hasil Penelitian: Hasil penelitian disimpulkan bahwa sebanyak 9 remaja (18,8%) berpengetahuan baik, sebanyak 35 remaja (72,8%) berpengetahuan cukup dan 4 remaja (8,3%) berpengetahuan kurang tentang PIK-R. Kesimpulan: Tingkat pengetahuan remaja tentang PIK-R di dusun Pringgolayan adalah kategori cukup sebanyak 35 respondesn (72,9%).

Item Type: Other
Additional Information: Dosen Pembimbing Elvika Fit Ari Shanty, S.ST., M.Kes
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Remaja, PIK-R (Pusat Informasi dan Konseling Remaja).
Subjects: Kebidanan > BB Keluarga Berencana(KB)
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Kebidanan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 22 Nov 2016 01:42
Last Modified: 21 Nov 2017 03:12
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/304

Actions (login required)

View Item View Item