HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN KEPALA KELUARGA DAN PERILAKU MEMBUANG SAMPAH PADA KELUARGA DI DUSUN KEPITU KECAMATAN TRIMULYO KABUPATEN SLEMAN

Nur Adya Sari, - and Titih Huriah, - (2011) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN KEPALA KELUARGA DAN PERILAKU MEMBUANG SAMPAH PADA KELUARGA DI DUSUN KEPITU KECAMATAN TRIMULYO KABUPATEN SLEMAN. Post-Doctoral thesis, STIKES JENDERAL ACHMAD YANI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Nur Adya Sari_3207021_nonfull.pdf

Download (468kB) | Preview
[img] Text
Nur Adya Sari_3207021_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang : Perilaku membuang sampah dalam suatu keluarga penting sekali diperhatikan, karena pembuangan sampah yang tidak sehat dapat menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan. Namun demikian, Dusun Kepitu masih banyak masyarakat yang belum memiliki tempat sampah yang sesuai syarat kesehatan. Keluarga membuang sampah di kebun, di sungai, bahkan masih banyak terdapat sampah yang berserakan di mana-mana. Tujuan : Mengetahui sejauhmana hubungan tingkat pengetahuan kepala keluarga dan perilaku membuang sampah pada keluarga di Dusun Kepitu Kecamatan Trimulyo Kabupaten Sleman. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif non eksperimental, dengan pendekatan analitik korelasional dan menggunakan rancangan penelitian cross sectional. Sampel yang digunakan adalah random sampling yaitu berjumlah 99 responden, dan intrumen yang digunakan yaitu kuesioner. Uji satistik yang digunakan menggunakan spearman rank. Hasil penelitian : Berdasarkan hasil penelitian sebanyak 51,1% pengetahuan keluarga di Dusun Kepitu rendah. Perilaku membuang sampah sebanyak 44,4% perilaku Keluarga di Dusun Kepitu cukup. Hasil uji korelasi spearman rank diperoleh p-value 0,000< α(0,05) sehingga dapat disimpulkan ada hubungan yang signifikan dengan nilai koefisien sebesar 0,624 dengan tingkat kesalahan 2%. Kesimpulan penelitian : Ada hubungan antara tingkat pengetahuan kepala keluarga dan perilaku membuang sampah pada keluarga di Dusun Kepitu Kecamatan Trimulyo Kabupaten Sleman dengan keeratan hubungan kuat.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Perilaku, Membuang sampah
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PK Keperawatan Komunitas dan Keluarga
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Tati Adityanti
Date Deposited: 16 Aug 2016 03:27
Last Modified: 14 Feb 2019 08:09
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/33

Actions (login required)

View Item View Item