PENGARUH BERMAIN EDUKATIF KARDUS BEKAS TERHADAP KREATIVITAS SISWA SEKOLAH DASAR DI SD MUHAMMADIYAH I AMBARKETAWANG

Ahmad Wasil Mustofa, - and Khristina Dias Utami, - (2019) PENGARUH BERMAIN EDUKATIF KARDUS BEKAS TERHADAP KREATIVITAS SISWA SEKOLAH DASAR DI SD MUHAMMADIYAH I AMBARKETAWANG. Other thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text (Judul)
Cover_Daftar isi.pdf

Download (273kB)
[img] Text (Abstrak)
Abstract_Intisari.pdf

Download (109kB)
[img] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (172kB)
[img] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] Text (Bab III)
Bab III.pdf

Download (245kB)
[img] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf

Download (182kB)
[img] Text (Bab V)
Bab V.pdf

Download (136kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (190kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://www.unjaya.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Anak dengan rentanng usia 7- 12 tahun dari laporan Torrance banyak terjadi penurunan kreativitas yang disebabkan karena penggunaan otak kanan yang belum maksimal, anak terlalu sering dihadapkan dengan pelajaran membaca dan menulis saja yang hanya melibatkan otak sebelah kiri. Permainan edukatif merupakan sebuah permainan dengan rancangan yang mendidik, memperluas konsep serta membantu peserta didik untuk memperoleh keterampilan. Bermain edukatif pada prinsipnya dapat meningkatkan kemampuan psikomotorik, sosial-emosional serta kemampuan kecerdasan (keterampilan dan kreativitas). Tujuan Penelitian : Mengetahui pengaruh bermain edukatif kardus bekas terhadap kreativitas siswa di SD Muhammadiyah 1 Ambarketawang. Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian Praeksperimen dengan rancangan One Group Pretest Posttest. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Non probability sampling dengan pengambilan sampel Total Sampling yaitu sebanyak 51 responden. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kreativitas. Hasil penelitian dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan uji Wilcoxon test. Hasil Penelitian : Kreativitas di SD Muhammadiyah 1 Ambarketawang sebelum diberikan intervensi diperoleh nilai median 16,00 minimum 9,00, maksimum 22,00 dan Kreativitas sesudah dilakukan intervensi di peroleh nilai median 19,00, minimum 13,00, maksimum 23,00. Hasil perbedaan pada tiap aspek yaitu perencanaan bahan, proses pembuatan, hasil produk didapatkan peningkatan sebelum dan sesudah dilakukan intervensi. Hasil uji Wilcoxon test pengaruh bermain edukatif kardus bekas terhadap kreativitas siswa di peroleh p-value 0,00(p<0,005). Kesimpulan : Ada pengaruh bermain edukatif kardus bekas terhadap kreativitas siwa di SD Muhammadiyah 1 Ambarketawang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Bermain Edukatif, Barang Bekas, Kreativitas siswa
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PA Keperawatan Anak
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Erna Fitri Widayati
Date Deposited: 11 Jan 2021 05:17
Last Modified: 11 Jan 2021 05:17
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/3306

Actions (login required)

View Item View Item