HUBUNGAN KINERJA TUTOR DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DI FAKULTAS KESEHATAN UNIVERSITAS JENDERAL ACHMAD YANI YOGYAKARTA

Yuli Septiana, - and Rahayu Iskandar, - (2019) HUBUNGAN KINERJA TUTOR DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DI FAKULTAS KESEHATAN UNIVERSITAS JENDERAL ACHMAD YANI YOGYAKARTA. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text (JUDUL)
Cover_Daftar isi.pdf

Download (278kB)
[img] Text (ABSTRAK)
Abstract_Intisari.pdf

Download (60kB)
[img] Text (BAB I)
Bab I.pdf

Download (75kB)
[img] Text (BAB II)
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] Text (BAB III)
Bab III.pdf

Download (107kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf

Download (97kB)
[img] Text (BAB V)
Bab V.pdf

Download (20kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (113kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://www.unjayalibrary.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Kinerja tutor merupakan tingkat keberhasilan tutor dalam melaksanakan perannya untuk mencapai tujuan dan standar yang telah ditetapkan oleh lembaga pendidikan. Bentuk pembelajaran yang memerlukan peran tutor didalamnya ialah kegiatan PBL (Problem Based Learning) di Fakultas Kesehatan Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta yang menuntut lulusanya untuk memiliki mutu yang baik. Motivasi belajar merupakan dorongan dalam diri peserta didik yang berbentuk aktivitas berupa kegiatan dalam belajar. Untuk itu diperlukan kinerja tutor yang baik untuk menumbuhkan motivasi belajar mahasiwa. Tujuan Penelitian: Mengetahui hubungan antara kinerja tutor dengan motivasi belajar mahasiswa di Fakultas Kesehatan Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. Metode Penelitian: Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain cross sectional. Sampel penelitian adalah 86 mahasiswa Program Studi Keperawatan dengan metode stratified random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner terstruktur. Analisis data yang digunakan adalah univariat dan bivariat. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa p value lebih kecil dari 0,005 yakni 0,001 yang artinya terdapat korelasi positif kinerja tutor dan motivasi belajar mahasiswa. Hubungan antara kedua variabeltermasuk dalam kategori kuat karena berada pada interval 0,6<0,8 dengan nilai r 0,691. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara kinerja tutor dengan motivasi belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kinerja tutor, Motivasi belajar
Subjects: Keperawatan > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan)
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan Magang -
Date Deposited: 10 Mar 2021 03:55
Last Modified: 10 Mar 2021 03:55
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/3328

Actions (login required)

View Item View Item