PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN DEMONSTRASI DAN VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN SANTRIWATI TENTANG SADARI DI PONDOK PESANTREN TARUNA AL-QUR’AN SLEMAN

Baiq Raudatul Hidayah, - and Afi Lutfiyati, - (2019) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN DEMONSTRASI DAN VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN SANTRIWATI TENTANG SADARI DI PONDOK PESANTREN TARUNA AL-QUR’AN SLEMAN. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text (JUDUL)
Cover_Daftar isi.pdf

Download (294kB)
[img] Text (ABSTRAK)
Abstract_Intisari.pdf

Download (79kB)
[img] Text (BAB I)
Bab I.pdf

Download (68kB)
[img] Text (BAB II)
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] Text (BAB III)
Bab III.pdf

Download (111kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf

Download (128kB)
[img] Text (BAB V)
Bab V.pdf

Download (41kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (81kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://www.unjayalibrary.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang sering dialami oleh wanita di dunia. Di Indonesia tahun 2013 estimasi kasus kanker payudara sebanyak 61.682 kasus. Prevalensi kanker payudara tertinggi berada di Provinsi Yogyakarta, yaitu sebesar 4,1%. Pengetahuan remaja tentang deteksi dini kanker payudara masih memiliki pengetahuan yang rendah. Pemeriksaan payudara sendiri adalah salah satu upaya untuk mendeteksi adanya kanker payudara serta untuk mengetahui peruabahan abnormal pada payudara yang sangat mudah dan bisa dilakukan oleh remaja. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui pengaruh pendididkan kesehatan dengan metode demonstrasi dan video terhadap pengetahuan santriwati tentang SADARI di Pondok Pesantren Taruna Al-Qur’an Sleman. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasy exsperiment dengan pre and post-test control group desain. Jumlah sampel adalah 38 responden, terbagi menjadi dua yaitu 19 responden kelompok intervensi dan 19 responden kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Hasil: Pemberian pendidikan kesehatan tentang SADARI dengan menggunakan metode demonstrasi pada kelompok intervensi berpengaruh terhadap pengetahuan santriwati dengan nilai p-value 0,022 sedangkan kelompok intervensi dengan media video setelah diberikan pendidikan kesehatan tidak terjadi peningkatan pengetahuan tentang SADARI dengan nilai p-value 0,107. Perbedaan efektifitas antara metode demonstrasi dan video dalam meningkatkan pengetahuan tentang SADARI dengan nilai p-value 0,931 artinya tidak terdapat perbedaan artinya keduannya efektif dalam meningkatkan pengetahuan tentang SADARI. Kesimpulan:Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode demonstrasi sedangkan media video tidak berpengaruh terhadap pengetahuan tentang SADARI dan tidak terdapat perbedaan di antara keduanya sehingga metode demonstrasi dan video keduanya efektif untuk meningkatkan pengetahuan remaja santriwati di Pondok Pesantren Taruna Al-qur’an Sleman tentang SADARI.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kanker payudara, SADARI, Pengetahuan, pendidikan kesehatan
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan)
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan Magang -
Date Deposited: 10 Mar 2021 04:56
Last Modified: 10 Mar 2021 04:56
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/3349

Actions (login required)

View Item View Item