Heny Ulandari, - and Deby Zukarnain R. S, - (2019) PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PESERTA BPJS DAN NON BPJS DI RSUD KOTA YOGYAKARTA. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
![]() |
Text (JUDUL)
Cover_Daftar isi.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
Abstract_Intisari.pdf Download (80kB) |
![]() |
Text (BAB I)
Bab I.pdf Download (78kB) |
![]() |
Text (BAB II)
Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
![]() |
Text (BAB III)
Bab III.pdf Download (117kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
Bab IV.pdf Download (130kB) |
![]() |
Text (BAB V)
Bab V.pdf Download (30kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Download (80kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Latar Belakang : Rendahnya tingkat kepuasan pasien tentu akan menjadi citra yang kurang baik pada institusi kesehatan. Tingkat kepuasan pasien didasarkan pada kualitas pelayanan kesehatan yang baik. Hal tersebut dijabarkan dalam lima dimensi kepuasan yaitu reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangible. Oleh karena itu, pelayanan kesehatan dituntut untuk memberikan pelayanan yang merata tanpa memandang pasien BPJS maupun Non BPJS. Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan tingkat kepuasan pasien rawat jalan peserta BPJS dan Non BPJS di RSUD Kota Yogyakarta dan mengetahui perbedaan tingkat kepuasan pasien rawat jalan peserta BPJS dan Non BPJS berdasarkan lima dimensi. Metode Penelitian : Jenis Penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel diambil dengan menggunakan teknik quota sampling dengan total 72 responden yang terbagi menjadi 36 pasien BPJS dan 36 pasien Non BPJS yang merupakan populasi pasien rawat jalan. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan metode analisa uji Mann-Whitney. Hasil Penelitian : Penelitian ini membuktikan 97,2% pasien BPJS dan Non BPJS puas terhadap kualitas pelayanan. Berdasarkan Uji Mann-Whitney diperoleh nilai p 1,0 > 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan tingkat kepuasan yang signifikan antara pasien peserta BPJS dan Non BPJS. Berdasarkan lima dimensi, penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan tingkat kepuasan pada dimensi responsiveness, assurance dan tangible. Sedangkan pada dimensi reliability dan emphaty terdapat perbedaan tingkat kepuasan antara pasien BPJS dan Non BPJS. Kesimpulan : Tidak terdapat perbedaan tingkat kepuasan antara pasien BPJS dan Non BPJS
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BPJS, Non BPJS, Kepuasan Pasien, Rawat Jalan |
Subjects: | Keperawatan > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan) |
Divisions: | Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Pustakawan Magang - |
Date Deposited: | 10 Mar 2021 04:51 |
Last Modified: | 10 Mar 2021 04:51 |
URI: | http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/3359 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |