KETEPATAN PENGODEAN DIAGNOSIS PADA KASUS CEDERA DI RSUD PRAMBANAN TAHUN 2016

Ayu Ningsih, - (2016) KETEPATAN PENGODEAN DIAGNOSIS PADA KASUS CEDERA DI RSUD PRAMBANAN TAHUN 2016. Perekam dan Informasi Kesehatan, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. (Submitted)

[img]
Preview
Text
Ayu Ningsih_1313023_nonfull.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Ayu Ningsih_1313023_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : Seorang perekam medis harus mampu menetapkan kode penyakit dengan tepat sesuai klasifikasi yang diberlakukan di indonesia (ICD-10) tentang penyakit dalam pelayanan dan manajemen kesehatan. Pelaksanaa pengodean diagnosis harus lengkap dan tepat sesuai dengan arahan ICD-10. Pengodean diagnosis pada kasus cedera di RSUD Prambanan masih terdapat ketidaktepatan dengan kode ICD-10. Tujuan :Mengetahui angka kelengkapan dan angka ketepatan pengodean diagnosis pada kasus cedera di RSUD Prambanan tahun 2016. Metodologi Penelitian :Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian diskriftif dengan pendekatan kuantitatif. Alat pengumpulan data dalam penulisan ini yaitu lembar checklist mengenai ketepatan pengodean diagnosis pada kasus cedera. Penelitian ini dilaksanakan di bagian rekam medis RSUD Prambananyang beralamat di Jl. Prambanan-Piyungan km.07,Delegan Sumber Harjo Prambanan Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil :Dari 135 sampel rekam medis gawat darurat dengan kasus cedera, ditinjau dari kelengkapan pengodean diagnosis pada kasus cedera di RSUD Prambanan yang terisi lengkap sebanyak 136 dari 171 total kode. Sedangkan ditinjau dari ketepatan yang tepat berjumlah 2 kode (1%). Ketidaktepatan ini yang paling banyak adalah ketidaktepatan pengodean pada karakter 1, 2, 3, 4 yaitu berjumlah 46 kode (30%). Selain itu ketidaktepatan karena kurang karakter ke 5 berjumlah 32 kode (21%).

Item Type: Other
Additional Information: Dosen Pembimbing Kuswanto Hardjo,dr., M.Kes
Uncontrolled Keywords: accuracy, coding, ICD-10, Ketepatan, Pengodean, ICD-10
Subjects: R Perekam & Informasi Kesehatan (klasifikasi berdasar kompetensi pokok & pendukung) > RK Klasifikasi & Kodifikasi Penyakit/Tindakan
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Perekam Medis dan Informasi Kesehatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 22 Nov 2016 07:28
Last Modified: 14 Nov 2017 06:44
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/343

Actions (login required)

View Item View Item