TINJAUAN KEBUTUHAN RAK DAN RUANG PENYIMPANAN REKAM MEDIS DALAM SISTEM TERMINAL DIGIT FILING DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH GAMPING TAHUN 2016

Hikmawan Nur Kholis, - (2016) TINJAUAN KEBUTUHAN RAK DAN RUANG PENYIMPANAN REKAM MEDIS DALAM SISTEM TERMINAL DIGIT FILING DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH GAMPING TAHUN 2016. UNSPECIFIED. (Submitted)

[img]
Preview
Text
Hikmawan Nur Kholis_1313021_nonfull resize.pdf

Download (203kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang. Rumah sakit adalah institusi kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang paripurna mencakup rawat jalan, rawat inap, gawat darurat. Rumah sakit sendiri harus menyelenggarakan pembuatan rekam medis, rekam medis yaitu catatan yang berisikan identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan pelayanan lain yang diberikan kepada pasien. Rumah sakit juga harus menyediakan fasilitas yang diperlukan dalam penyelenggaraan rekam medis, salah satunya ruang dan rak penyimpanan. Sarana dan prasarana yang mencukupi akan menunjang tercapainya pelayanan yang optimal dan berkualitas kepada pasien. Tujuan penelitian.Menegetahui kebutuhan rak dan ruang penyimpanan berkas rekam medis di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping. Metode penelitian. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan rancangan cross sectional. Subjek penelitian ini adalah dua petugas filing dan kepala bagian rekam medis sebagai triagulasi. Objek penelitian ini adalah berkas rekam medis, rak penyimpanan, ruang penyimpanan, kebijakan rekam medis, spo pnyimpanan, metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, studi dokumentasi. Hasil penelitian. Kebutuhan rak yang akan digunakan untuk tahun mendatang adalah dengan menggunakan rak kayu/besi dan menggunakan roll o’pack dengan panjang 2,5 m dengan lebar 40 cm dengan jumlah shaft 5 dan jumlah muka 2 adalah sebanyak 12 rak penyimpanan. Kemudian untuk ruang penyimpanan terdapat dua alternatif yang pertama alternatif I didapat panjang 7,7 m, lebar 4,8 m dengan luas 37 m 2 untuk roll o’pack luas yang dibutuhkan adalah 20 m 2 . Alternatif II didapat panjang 11,1 m, lebar 3,5 m dengan luas 39 m 2 untuk roll o’pack luas yang dibutuhkan adalah 14,3 m 2 .

Item Type: Other
Additional Information: Dosen Pembimbing Sis Wuryanto, A.Md PerKes., SKM., MPH
Uncontrolled Keywords: Needs shelving, storage space, medical record file, Kebutuhan rak, ruang penyimpanan, berkas rekam medis.
Subjects: Perekam Medis & Informasi Kesehatan > RU Manajemen Unit Kerja Rekam Medis
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Perekam Medis dan Informasi Kesehatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 22 Nov 2016 07:28
Last Modified: 10 Jun 2017 03:43
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/347

Actions (login required)

View Item View Item