Hubungan Dukungan Guru Dengan Pengetahuan Pencegahan Anemia Pada Remaja Putri Di SMK N 2 Depok

Eki Irwan Saputra, - and Suwarno, - (2020) Hubungan Dukungan Guru Dengan Pengetahuan Pencegahan Anemia Pada Remaja Putri Di SMK N 2 Depok. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text (JUDUL)
Cover_Daftar isi.pdf

Download (713kB)
[img] Text
Intisari_Abstract.pdf

Download (466kB)
[img] Text (ABSTRAK)
Intisari_Abstract.pdf

Download (466kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (608kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf

Download (935kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (624kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (508kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (412kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (1MB)
Official URL: htttp://www.unjayalibrary.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Anemia adalah penurunan kadar hemoglobin, eritrosit, dan hematokrit sehingga jumlah eritrosit atau kadar hemoglobin yang beredar tidak dapat memenuhi fungsinya untuk menyediakan oksigen bagi jaringan tubuh. Guru merupakan orang tua disekolah sehingga dukungan guru dapat secara langsung membantu siswa-siswanya. Pengetahuan seseorang akan berpengaruh terhadap sikap dan perilaku dalam pemilihan makanan dan selanjutnya akan berpengaruh terhadap keadaan gizi individu yang bersangkutan dengan anemia. Rendahnya pengetahuan seseorang tentang anemia mengakibatkan kurangnya konsumsi makanan sumber protein hewani dan nabati. Dukungan guru adalah mengadakan atau menyediakan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan orang lain serta memberikan dorongan atau semangat dan nasihat kepada orang lain dalam suatu situasi untuk mengambil keputusan Tujuan : Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan dukungan guru dengan pengetahuan pencegahan anemia pada remaja putri di SMK N 2 Depok. Metode : Penelitian ini menggunakan desain deskriptif analitik correlational dengan pendekatan cross-sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah 70 responden. Data diambil dengan menggunakan kuesioner dukungan guru dengan pengetahuan pencegahan anemia pada remaja putri. Analisis data yang digunakan adalah uji Spearman rho. Hasil : Ada hubungan yang signifikan antara dukungan guru dengan pengetahuan pencegahan anemia pada remaja putri di SMK N 2 depok. Sebagian besar responden memiliki dukungan guru yang baik yaitu sebanyak 45 responden (64.3%.). Hasil uji spearman di dapatkan p-value sebesar 0.005 < 0,05 dengan nilai koefisien korelasi yang sebesar 0,330 yang menunjukan keeratan hubungan yang lemah. Kesimpulan : Ada hubungan yang signifikan antara dukungan guru dengan pengetahuan pencegahan anemia pada remaja putri di SMK N 2 depok. Disarankan bagi peneliti agar menjadi pengalaman dan pengetahuan mengenai dukungan guru dengan pencegahan anemia pada remaja putri.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Anemia, Dukungan guru.
Subjects: Keperawatan > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan)
Keperawatan > PM Keperawatan Maternitas
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan Magang -
Date Deposited: 06 Dec 2021 07:18
Last Modified: 06 Dec 2021 07:18
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/3788

Actions (login required)

View Item View Item