Hubungan Persepsi Lingkungan Belajar Klinik Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Keperawatan Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta

Elisa Ayu Arviani, - and Retno Sumiyarini, - (2020) Hubungan Persepsi Lingkungan Belajar Klinik Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Keperawatan Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text (JUDUL)
COVER_DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (336kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK ELISA.pdf

Download (34kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1 ELISA.pdf

Download (53kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2 ELISA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3 ELISA.pdf

Download (226kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4 ELISA.pdf

Download (74kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5 ELISA.pdf

Download (36kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA ELISA.pdf

Download (41kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN ELISA.pdf

Download (970kB)
[img] Text
BAB 4 ELISA.pdf

Download (74kB)
Official URL: htttp://www.unjayalibrary.ac.id

Abstract

Latar belakang: Lingkungan pembelajaran akademik akan berbeda dengan lingkungan pembelajaran klinik, dimana lingkungan pembelajaran klinik akan menghadapkan mahasiswa untuk berkontak langsung dengan pasien. Lingkungan belajar klinik sendiri tidak selalu dipersepsikan positif oleh mahasiswa, tetapi ada juga mahasiswa yang mempersepsikan negatif. Ketika mahasiswa sedang melakukan pembelajaran klinik dan memiliki persepsi yang negatif terhadap lingkungan pembelajaran kliniknya maka dapat mempengaruhi motivasi dan strategi belajar pada mahasiswa tersebut. Tujuan: Mengetahui adanya hubungan antara persepsi lingkungan belajar klinik dengan motivasi belajar mahasiswa keperawatan. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah studi korelasi dengan pendekatan cross-sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling didapatkan 90 responden. Data diambil dengan menggunakan kuesioner PHEEM untuk mengukur persepsi dan kuesioner MSLQ untuk mengukur motivasi belajar. Analisa data yang digunakan adalah uji korelasi Gamma. Hasil: Sebagian besar responden memiliki persepsi yang sangat positif terhadap lingkungan belajar kliniknya sebanyak 45 responden (50.0%) dan motivasi belajar tinggi sebanyak 59 responden (65.6%). Hasil uji korelasi Gamma menunjukan nilai p-value 0.032 < (0.05) dengan nilai koefisien korelasi 0.439 yang menunjukan keeratan hubungan sedang. Kesimpulan: Ada hubungan antara persepsi lingkungan belajar klinik dengan motivasi belajar mahasiswa keperawatan Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Motivasi, Lingkungan belajar klinik
Subjects: Keperawatan > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan)
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan Magang -
Date Deposited: 06 Dec 2021 07:12
Last Modified: 06 Dec 2021 07:12
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/3789

Actions (login required)

View Item View Item