HUBUNGAN PERSEPSI LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA KEPERAWATAN UNIVERSITAS JENDERAL ACHMAD YANI YOGYAKARTA

M. Noviantara, - and Retno Sumiyarini, - and Deby Zulkarnain Rahadian Syah, - (2020) HUBUNGAN PERSEPSI LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA KEPERAWATAN UNIVERSITAS JENDERAL ACHMAD YANI YOGYAKARTA. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text (JUDUL)
Cover_Daftar isi.pdf

Download (521kB)
[img] Text (ABSTRAK)
Abstract_Intisari.pdf

Download (128kB)
[img] Text (BAB I)
Bab I.pdf

Download (140kB)
[img] Text (BAB II)
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text (BAB III)
Bab III.pdf

Download (212kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf

Download (283kB)
[img] Text (BAB V)
Bab V.pdf

Download (64kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (198kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (1MB)
Official URL: htttp://www.unjayalibrary.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Dalam ranah keperawatan, pembelajaran klinik merupakan salah satu komponen yang paling penting. Pembelajaran ini memberikan kesempatan belajar yang unik bagi mahasiswa keperawatan dimana teori yang didapatkan di kelas akan di uji secara lansung di kehidupan nyata. Tidak jarang lingkungan praktek klinik akan membuat mahasiswa menjadi stress. Stress sendiri merupakan bentuk respon tubuh yang bersifat non spesifik terhadap semua tuntutan beban atasnya. Adapun stressor yang seringkali membuat mahasiswa stress dilingkungan praktek klinik adalah persepsi mereka mengenai lingkungan tersebut. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui adanya hubungan antara persepsi lingkungan belajar dengan tingkat stres pada mahasiswa keperawatan universitas jenderal achmad yani Yogyakarta Metode Penelitian: Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Non�eksperimen dengan studi korelasional dan menggunakan pendekatan cros-sectional. Pengambilan sampel penelitian menggunakan tekhnik accidental sampling yaitu sebanyak 89 responden. Instrument yang di pakai untuk mengambil sampel adalah kuesioner. Responden diminta untuk mengisi dua buah kuesioner yaitu kuesioner PHEEM dan DASS 42. Hasil penelitian dianalisis menggunakan uji Somers’d. Hasil Penelitian: Hasil penelitian analisis univariat menunjukkan bahwa rata-rata mahasiswa memiliki tingat persepsi yang baik terhadap lingkungan belajarnya yaitu sebanyak (70,8%). Sedangkan untuk tingkat stress nya mahasiswa mayoritas memiliki tingkat stress yang normal terhadap lingkungan belajarnya yaitu sebanyak (79,8%). Hasil bivariat menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara persepsi lingkungan belajar dengan tingkat stress dengan hasil p-value = 0,320 dengan nilai r= 0,085 hal ini dikarenakan jika seseorang memiliki tingkat persepsi yang baik maka tingkat stresnya juga baik. Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara persepsi lingkungan belajar dengan tingkat stress mahasiswa keperawatan di Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Lingkungan belajar, Stres.
Subjects: Keperawatan > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan)
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan Magang -
Date Deposited: 06 Dec 2021 07:46
Last Modified: 06 Dec 2021 07:46
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/3824

Actions (login required)

View Item View Item