HUBUNGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT CENTERED LEARNING DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PSIK STIKES JENDERAL ACHMAD YANI YOGYAKARTA

Buan Hasan, - (2016) HUBUNGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT CENTERED LEARNING DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PSIK STIKES JENDERAL ACHMAD YANI YOGYAKARTA. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal A. Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Buan Hasan_3211041_nonfull resize.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text
Buan Hasan_3211041_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang : Student centered learning (SCL) diperlukan untuk perubahan proses pembelajaran dari one way traffic menjadi two way traffic dan interaktif karena sangat sesuai dengan empat pilar pendidikan yaitu learning to know, learning to do, learning to be, dan learning to live together. SCL berperan penting karena menempatkan mahasiswa sebagai peserta didik aktif dan mandiri dalam proses belajarnya, bertanggung jawab dan berinisiatif untuk menggali kebutuhan belajarnya, menentukan sumber-sumber informasi untuk dapat menjawab kebutuhanya, membangun serta mempersentasikan pengetahuannya berdasarkan kebutuhan serta sumber-sumber yang ditemukanya. Dari proses tersebut mahasiswa akan termotivasi untuk belajar dan akan meningkatkan output pembelajaran yaitu pengalaman baru yang akan memunculkan prestasi belajar mahasiswa. Tujuan Penelitian : Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara penerapan model pembelajaran SCL dengan prestasi belajar mahasiswa PSIK Stikes Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif bersifat deskripsi korelasi, dilakukan pada bulan September 2015, dengan subjek penelitian 84 mahasiswa PSIK Stikes Jenderal Achmad Yani Yogyakarta angkatan 2014 yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan studi dokumentasi. Analisa data dilakukan dalam bentuk prosentase menggunakan teknik statistik Kendall Tau. Hasil : Hasil penelitian menunjukan sebagian besar mahasiswa (51.2%) memiliki prestasi akademik tidak memuaskan, dan sebagian mahasiswa (56.0%) menilai penerapan model pembelajaran SCL di PSIK Stikes Jenderal Achmad Yani Yogyakarta termasuk dalam kategori baik. Uji satatistik Kendall Tau untuk kedua variabel tersebut memiliki nilai p sebesar 0,879. Kesimpulan : Penerapan model pembelajaran SCL di PSIK Stikes Jenderal Achmad Yani Yogyakarta termasuk dalam kategori baik. Prestasi belajar mahasiswa termasuk dalam kategori tidak memuaskan, tidak ada hubungan antara penerapan model pembelajaran SCL dengan prestasi belajar mahasiswa PSIK Stikes Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing I Rahayu Iskandar, M.Kep Dosen Pembimbing II Khristina Dias Utami, S.Kep., Ns
Uncontrolled Keywords: Student Centered Learning, Prestasi Belajar, Mahasiswa, Learning Achievement, Students
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PK Keperawatan Komunitas dan Keluarga
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Tati Adityanti
Date Deposited: 24 Nov 2016 01:26
Last Modified: 21 Nov 2017 04:04
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/387

Actions (login required)

View Item View Item