PERSEPSI MAHASISWA KEPERAWATAN UNIVERSITAS ACHMAD YANI YOGYAKARTA TERHADAP PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PBL

Yugo Prabowo, - and Retno Sumiyarini, - (2020) PERSEPSI MAHASISWA KEPERAWATAN UNIVERSITAS ACHMAD YANI YOGYAKARTA TERHADAP PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PBL. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text (ABSTRAK)
b) Abstract_Intisari.pdf

Download (105kB)
[img] Text (BAB I)
c) Bab I.pdf

Download (125kB)
[img] Text (BAB II)
d) Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] Text (BAB III)
e) Bab III.pdf

Download (276kB)
[img] Text (BAB IV)
f) Bab IV.pdf

Download (174kB)
[img] Text (BAB V)
g) Bab V.pdf

Download (101kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
h) Daftar Pustaka.pdf

Download (115kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
i) Daftar Lampiran.pdf

Download (440kB)
Official URL: htttp://www.unjayalibrary.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Problem-Based Learning merupakan cara belajar dengan memanfaatkan masalah dan mahasiswa harus melakukan pencarian/penggalian informasi (inquiry) untuk dapat memecahkan masalah tersebut. Berbagai respon diberikan mahasiswa terhadap metode pembelajaran PBL. Studi pendahuluan pada 10 mahasiswa Prodi Keperawatan Universitas Achmad Yani Yogyakarta Semester 6 dan 8 didapatkan sebanyak 6 mahasiswa mengemukakan PBL membosankan karena harus menulis laporan tutorial dan 5 mahasiswa menyatakan merasa kurang memahami pembahasan materi/kasus dengan baik melalui metode pembelajaran PBL Tujuan Penelitian : Diketahuinya persepsi mahasiswa Keperawatan Universitas Jendral Achmad Yani Fakultas Kesehatan Yogyakarta terhadap sistem pembelajaran PBL. Metode Penelitian : Metode penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Sampel diambil dengan teknik total sampling sebanyak 136 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Hasil penelitian dianalisis secara univariate menggunakan distribusi frekuensi. Hasil Penelitian : Mahasiswa yang memiliki persepsi positif sebesar 53,7% lebih banyak dibandingkan persepsi negatif. Mahasiswa semester 6 dan 8 memiliki persepsi positif terhadap pembelajaran PBL masing-masing sebesar 16,2% dan 37,5% Kesimpulan : Mahasiswa Keperawatan Universitas Jendral Achmad Yani memiliki persepsi positif terhadap pembelajaran PBL.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa keperawatan, metode pembelajaran PBL
Subjects: Keperawatan > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan)
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan Magang -
Date Deposited: 06 Dec 2021 08:41
Last Modified: 06 Dec 2021 08:41
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/3905

Actions (login required)

View Item View Item