Yugo Prabowo, - and Retno Sumiyarini, - (2020) PERSEPSI MAHASISWA KEPERAWATAN UNIVERSITAS ACHMAD YANI YOGYAKARTA TERHADAP PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PBL. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
![]() |
Text (ABSTRAK)
b) Abstract_Intisari.pdf Download (105kB) |
![]() |
Text (BAB I)
c) Bab I.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text (BAB II)
d) Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
![]() |
Text (BAB III)
e) Bab III.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
f) Bab IV.pdf Download (174kB) |
![]() |
Text (BAB V)
g) Bab V.pdf Download (101kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
h) Daftar Pustaka.pdf Download (115kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
i) Daftar Lampiran.pdf Download (440kB) |
Abstract
Latar Belakang : Problem-Based Learning merupakan cara belajar dengan memanfaatkan masalah dan mahasiswa harus melakukan pencarian/penggalian informasi (inquiry) untuk dapat memecahkan masalah tersebut. Berbagai respon diberikan mahasiswa terhadap metode pembelajaran PBL. Studi pendahuluan pada 10 mahasiswa Prodi Keperawatan Universitas Achmad Yani Yogyakarta Semester 6 dan 8 didapatkan sebanyak 6 mahasiswa mengemukakan PBL membosankan karena harus menulis laporan tutorial dan 5 mahasiswa menyatakan merasa kurang memahami pembahasan materi/kasus dengan baik melalui metode pembelajaran PBL Tujuan Penelitian : Diketahuinya persepsi mahasiswa Keperawatan Universitas Jendral Achmad Yani Fakultas Kesehatan Yogyakarta terhadap sistem pembelajaran PBL. Metode Penelitian : Metode penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Sampel diambil dengan teknik total sampling sebanyak 136 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Hasil penelitian dianalisis secara univariate menggunakan distribusi frekuensi. Hasil Penelitian : Mahasiswa yang memiliki persepsi positif sebesar 53,7% lebih banyak dibandingkan persepsi negatif. Mahasiswa semester 6 dan 8 memiliki persepsi positif terhadap pembelajaran PBL masing-masing sebesar 16,2% dan 37,5% Kesimpulan : Mahasiswa Keperawatan Universitas Jendral Achmad Yani memiliki persepsi positif terhadap pembelajaran PBL.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mahasiswa keperawatan, metode pembelajaran PBL |
Subjects: | Keperawatan > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan) |
Divisions: | Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Pustakawan Magang - |
Date Deposited: | 06 Dec 2021 08:41 |
Last Modified: | 06 Dec 2021 08:41 |
URI: | http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/3905 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |