HUBUNGAN ANTARA SENAM LANSIA DENGAN KEMANDIRIAN MELAKUKAN AKTIFITAS DASAR SEHARI – HARI DI POSYANDU LANSIA HIDAYAH BINAAN PUSKESMAS BANGUNTAPAN III BANTUL

Rina Wahyu Widadi, - (2016) HUBUNGAN ANTARA SENAM LANSIA DENGAN KEMANDIRIAN MELAKUKAN AKTIFITAS DASAR SEHARI – HARI DI POSYANDU LANSIA HIDAYAH BINAAN PUSKESMAS BANGUNTAPAN III BANTUL. Strata 1 thesis, STIKES Jenderal A. Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rina Wahyu Widadi_3211010_nonfull resize.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] Text
Rina Wahyu Widadi_3211010_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latarbelakang:Lansia adalah orang yang telah berumur 65 tahun keatas. Pada masa itu, kemampuan seseorang perlahan-lahan akan mengalami perubahan, baik perubahan fisik maupun psikologis. Kondisi ini akan menyebabkan lansia lebih cepat merasa lelah, mudah sakit dan tidak bersemangat dalam melakukan aktivitas sehari-hari, sehingga sangat mudah tergantung pada orang-orang di sekitarnya.Untuk meningkatkan kebugaran para lansia maka dilakukan senam lansia.Dengan mengikuti senam lansia tubuh akan menjadi segar sehingga dapat melakukan aktivitas dasar sehari-hari. Tujuan:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara senam lansia dengan aktivitas dasar sehari-hari lansia di Posyandu Lansia Maguwo Pedukuhan Wonocatur Banguntapan Bantul. MetodePenelitian:Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain penelitian quasi eksperimen pre testpost test. Penelitian ini dilakukan di Posyandu Lansia Maguwo Pedukuhan Wonocatur Banguntapan Bantul dengan populasi lansia sebanyak 60 orang.Sampel dalam penelitian ini adalah lansia yang berusia 60-90 dengan jumlah 22 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrument senam lansia menggunakan angket berupa daftar hadir, sedangkan aktivitas dasar sehari-hari menggunakan Barthel Index. Analisis data menggunakan analisis univariat dengan distribusi frekuensi dan analisis bivariat dengan korelasiKendall’s Tau dengan tingkat kemaknaan p value < 0,05. Hasil:Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah lansia yang mengikuti senam lansia dengan baik sebanyak 19 orang (86,36%), jumlah lansia yang mengalami ketergantungan sedang dan ringan masing-masing sebanyak 11 orang (50,0%) pada saat pretest dan pada saat posttest yang mengalami ketergantungan ringan sebanyak 20 orang (90,0%) serta ketergantungan sedang sebanyak 2 orang (9,1%). Hasil perhitungan statistic diperoleh nilai p value < 0,05. Kesimpulan:Terdapat hubungan yang signifikan antara keikutsertaan senam lansia dengan kemandirian melakukan aktifitas dasar sehari-hari pada lansia.

Item Type: Thesis/Skripsi (Strata 1)
Additional Information: Dosen Pembimbing I Agus Warseno, M.Kep Dosen Pembimbing II Anastasia Suci Sukmawati, S.Kep., Ns., MNg
Uncontrolled Keywords: Senam Lansia, Aktivitas Dasar Sehari-Hari, Elderly gymnastics, activities of daily living, community.
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PG Keperawatan Gerontologi,Gerontik,Lansia
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Tati Adityanti
Date Deposited: 24 Nov 2016 03:10
Last Modified: 21 Nov 2017 03:45
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/402

Actions (login required)

View Item View Item