MEMBANGUN APLIKASI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID DI MUSEUM SUDIRMAN MAGELANG

Yuda Nurhusna, - and Chanief Budi Setiawan, - (2020) MEMBANGUN APLIKASI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID DI MUSEUM SUDIRMAN MAGELANG. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text (JUDUL)
Cover_Daftar isi (4).pdf

Download (622kB)
[img] Text (INTISARI)
Abstract_Intisari.pdf

Download (9kB)
[img] Text (BAB I)
Bab I.pdf

Download (112kB)
[img] Text (BAB II)
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] Text (BAB III)
Bab III.pdf

Download (675kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf

Download (489kB)
[img] Text (BAB V)
Bab V.pdf

Download (6kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (9kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (614kB)
Official URL: http://library.unjaya.ac.id/

Abstract

Museum merupakan Lembaga yang ditujukan bagi masyarakat umum. Salah satunya adalah Museum Sudirman, yang beralamatkan di Jl. Ade Erma Suryani C.7 Kota Magelang, Jawa Tengah. Museum ini berisi barang-barang peninggalan Jendral Sudirman yang dipergunakan selama beliau berperang. Setiap museum memiliki peraturan yang berbeda dalam hal interaksi antara pengunjung dengan benda yang dipamerkan di museum. Museum Sudirman termasuk museum yang tidak mengizinkan untuk tidak menyentuh benda secara langsung dan menampilkan informasi secara tidak lengkap pada masing-masing benda koleksinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi keterbatasan interaksi antara pengunjung museum dengan benda yang dipamerkan di museum. Penelitian ini mengembangkan aplikasi seluler berbasis sistem operasi yang berbasis Augmented Reality dapat menambah daya tarik museum Sudirman bagi para penggunjung sehingga diharapkan dapat menarik pengunjung untuk datang ke museum. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi Android yang mensimulasikan isi museum beserta keterangannya melalui tampilan 2D pada layar telepon seluler Dengan cara ini diharapkan pengunjung dapat merasakan pengalaman berada di dalam museum melalui Augmented Reality. Aplikasi Android yang berbasis Augmented Reality ini dirancang menggunakan metode waterfall dan dibuat menggunakan aplikasi Unity3D, Vuforia SDK dan Blender.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Museum Sudirman, Augmented Reality
Subjects: Informatika dan Ilmu Komputer > IC Perangkat lunak komputer
Divisions: Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi > Prodi Informatika
Depositing User: Pustakawan Magang -
Date Deposited: 16 Nov 2021 03:10
Last Modified: 23 May 2022 06:50
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/4034

Actions (login required)

View Item View Item