HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN HARGA DIRI PADA RESIDEN NAPZA DI BALAI REHABILITASI SOSIAL PAMARDI PUTRA YOGYAKARTA

Balqis Kumaladewi Hayuningtyas, - (2016) HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN HARGA DIRI PADA RESIDEN NAPZA DI BALAI REHABILITASI SOSIAL PAMARDI PUTRA YOGYAKARTA. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal A. Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Balqis Kumaladewi Hayuningsih_2212146_nonfull resize.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Penyalahgunaan NAPZA (narkotika, psikotropika, alkohol dan zat adiktif lain) semakin tahun semakin meningkat dan dapat dilakukan dengan upaya preventive dan represive. Salah satu upaya preventive adalah dukungan keluarga karena peranan keluarga merupakan pembentukan awal individu seperti dukungan penilaian, instrumental, informasional dan emosional. Dukungan keluarga dimungkinkan dapat mempengaruhi harga diri seseorang, karena harga diri juga merupakan penilaian pada diri sendiri yang mencakup aspek yang perlu diperhatikan seperti aspek kekuatan, keberartian, kemampuan, kebajikan dan konsisten menetapkan batas. Tujuan : Mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dengan harga diri pada residen NAPZA di Balai Rehabilitasi Sosial Pamardi Putra Yogyakarta. Metode : Deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional dan menggunakan purposive sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 57 residen NAPZA di Balai Rehabilitasi Sosial Pamaardi Putra Yogyakarta. Pengambilan data menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan uji statistik Kendall’s tau. Hasil : Hasil analisis statistik diketahui bahwa dukungan keluarga mayoritas kategori baik sebanyak 32 responden (56,1%), harga diri mayoritas kategori sedang sebanyak 48 responden (84,2%) dengan p-value = 0,004 dan r= 0,380. Simpulan : Terdapat hubungan yang bermakna antara dukungan keluarga dengan harga diri pada residen NAPZA di Balai Rehabilitasi Sosial Pamardi Putra Yogyakarta dengan kekuatan hubungan kategori lemah.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing I Ns. Sutejo, M.Kep.,Sp.Kep.,J Dosen Pembimbing II Suwarno, MNS
Uncontrolled Keywords: Rehabilitation Center, Family Support, Self-Esteem, Drug Resident, Balai Rehabilitasi, Dukungan Keluarga, Harga Diri, Residen NAPZA
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PK Keperawatan Komunitas dan Keluarga
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 25 Nov 2016 04:58
Last Modified: 25 Nov 2016 04:58
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/435

Actions (login required)

View Item View Item